Notification

×

Iklan

Iklan

Wabup Dan Kapolres Rohul Hadiri HPN Tahun 2023 Dan Berlangsung Meriah Dan Sukses

Jumat | 2/10/2023 WIB Last Updated 2023-02-10T02:46:41Z



Rohul- Wakil Bupati (Wabup) Rokan Hulu (Rohul) H Indra Gunawan di dampingi Kapolres AKBP Pangucap Priyo Soegito SIK MHP menghadiri puncak Hari Pers Nasional (HPN)  Tahun 2023  di Gedung Serbaguna  Taman Kota Pasir Pengaraian, Kamis (9/2/2023).



Kegiatan tersebut, dihadiri perwakilan Forkopimda Rohul, Staf Ahli Bupati, Kabid Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kominfo Rohul,  Kasusbsi Si Humas Aipda Mardiono Pasda SH, perwakilan Kepala OPD se Kabupaten Rohul. Sedangkan untuk Pengurus Organisasi wartawan, Foswar, IMO, IWO, PWI, AWI, SPI, GWI dan lainnya.



Dalam kesempatan itu, Wabup Rohul menjelaskan,  adapun penetapan Hari Pers Nasional secara legalitas diatur dalam Keputusan Presiden (Keppres) RI No. 5 tahun 1985 yang ditandatangani  Presiden pada tanggal 23 Januari 1985.



"Untuk itu, mengingatkan para  Pelaku Media massa untuk terus berinovasi dengan meningkatkan literasi, dalam meladeni derasnya arus digitalisasi," kata H Indra Gunawan 



Di era media sosial yang rentan akan hoax, lanjut  Wabup Rohul, yakin keberadaan media massa masih mampu menjadi Media yang memberikan informasi aktual dan sesuai fakta.



"Wartawan bukan hanya mitra Pemerintah, tapi harus mampu mengaplikasikan fungsinya sebagai pengkritik maupun control bagi Pemkab Rohul, sehingga pembangunan bisa selaras dan berjalan baik," katanya.



"Selamat Hari Pers Nasional, semoga kedepannya, untuk Insan Pers  Kabupaten Rohul, mampu berupaya memberikan informasi yang baik di tengah-tengah Masyarakat," katanya.



"Karena dengan hadirnya, Insan Pers semua kegiatan  Pemkab Rohul, TNI Polri serta instansi lain bisa  diketahui Masyarakat lewat keberadaan Wartawan," katanya.



Sementara itu, di tempat yang sama, Kapolres Rohul AKBP Pangucap Priyo Soegito SIK MH, menyampaikan di Momen HPN Tahun 2023 ini,  Polri mengajak Insan Pers untuk komitmen dalam sinergitas, kemudian, bersama-sama menciptakan situasi kondisi yang kondusif dan sejuk menyusul tahun politik Pemilu 2024 yang tahapannya sudah di mulai di tahun ini.



"Polri dan Pers telah memiliki kerjasama yang tertuang dalam sebuah nota kesepahaman mengenai perlindungan kemerdekaan Pers dan penegakan hukum terkait penyalahgunaan profesi," kata AKBP Pangucap



"Termasuk juga memberikan pedoman bagi Polri dan Pers dalam berkolaborasi meningkatkan pengawasan tentang publikasi konten dan penyiaran berita," katanya



Orang Nomor Satu di Mapolres Rohul ini menerangkan, pada HPN Tahun 2023 Tingkat Kabupaten Rohul, dirinya juga tampil sebagai Panitia Pelaksana, karena ikut para rapat perdananya.



"Karena itu, jika selama ini Polri hanya sebagai sumber informasi, namun dengan perubahan zaman saat ini, Insan Pers merupakan sumber informasi kepada institusi Polri," terangnya lagi.



Kapolres Rohul menerangkan, oleh sebab itu konten positif yang disertai fakta kebenaran harus lebih banyak memenuhi ruang digital, sekaligus menekan konten negatif untuk tidak menjadi trending isu. 



"Selain itu, masyarakat harus memiliki kemampuan dalam memilah, memilih dan mengkonfirmasi informasi yang dibutuhkannya," lanjutnya.



“Dalam perkembangan teknologi dan informasi yang serba digital seperti saat ini, arus informasi begitu sangat menentukan untuk perlu Insan Pers menyajikan informasi yang berimbang dan terverifikasi," pungkasnya mengakhiri.



Sedangkan Koordinator Kegitan HPN Tahun 2023 Tingkat Kabupaten Rohul Rian Alfian Gondrong menjelaskan, kegiatan kali ini digelar dengan  Pemotongan Tumpeng dan pemberian santunan kepada 30 Yatim-Piatu kerjasama dengan  Baznas Rohul.



"Santunan untuk para Yatim-Piatu tersebut, langsung diserahkan Bapak Wabup Rohul dan Bapak Kapolres Rohul serta para Ketua Organisasi Wartawan di Rohul," katanya



"Selain itu, kita mengelar kegiatan hiburan, Alhamdulillah seluruh rangkaian kegiatan berjalan dengan lancar dan sukses," pungkas Alfian Gondrong



Di samping itu, Ketua Ikatan Wartawan Online (IWO) Kabupaten Rohul Ace Nauli Harahap, usai menyerahkan santunan untuk  para Yatim-Piatu, dirinya mengapresiasi  Wabup Rohul H Indra Gunawan dan Kapolres Rohul AKBP Pangucap Priyo Soegito yang cukup kolaboratif dengan Insan Pers



"Kita harapkan kerjasama dan kolaborasi  Insan Pers di Rohul dengan Pemangku Kepentingan, bisa lebih baik, sehingga informasi-informasi yang berkembang di tengah Masyarakat  bisa terupdate untuk dijadikan acuan Pemerintah  dalam menentukan kebijakan," pungkas Ace Nauli Harahap  mengakhiri.(sungkono) 

×
NewsKPK.com Update