Notification

×

Iklan

Iklan

Wartawan Dilarang Meliput Sertijab Kepala Kantor BPN dan Peresmian Sentra UMKM

Jumat | 8/19/2022 WIB Last Updated 2022-08-19T10:26:32Z


Bekasi - sungguh ironis Serah terima jabatan kepala kantor dan peresmian UMKM digelar tertutup pada hari Jum'at 19 Agustus 2022 di Lobi Kantor BPN Kota Bekasi.


Pada helatan tersebut wartawan dilarang masuk untuk meliput walaupun hanya sekedar mengambil photo saja.


Saat hendak meminta izin untuk mewawancarai, Mega yang menjabat sebagai Tata Usaha BPN Kota Bekasi sempat adu mulut bersama wartawan yang hendak ingin meliput kegiatan Sertijab itu.


"Ini acara intern tidak boleh diliput, kepala kantor juga tadi menyampaikan kepada saya dirinya tidak mau diwawancara", "Kata Mega kepada wartawan


Dirinya juga mengatakan, bahwasanya acara tidak bisa diliput dikarenakan perintah dari atasan yang baru.


"Ini acara internal, tidak boleh diekspos," ucap Mega


Entah se-internal apa hingga acara tidak boleh di publis padahal pengertian dari Undang-Undang Informasi Publik No. 14 Tahun 2008, tentang Keterbukaan Informasi Publik bertujuan untuk: 


a. menjamin hak warga negara untuk mengetahui rencana pembuatan kebijakan publik, program kebijakan publik, dan proses pengambilan keputusan publik, serta alasan pengambilan suatu keputusan publik.


b. mendorong partisipasi masyarakat dalam proses pengambilan kebijakan publik. 


c. meningkatkan peran aktif masyarakat dalam pengambilan kebijakan publik dan pengelolaan Badan Publik yang baik; 


d. mewujudkan penyelenggaraan negara yang baik, yaitu yang transparan, efektif dan efisien, akuntabel serta dapat dipertanggungjawabkan 


e. mengetahui alasan kebijakan publik yang mempengaruhi hajat hidup orang banyak.


f. mengembangkan ilmu pengetahuan dan mencerdaskan kehidupan bangsa.


g. meningkatkan pengelolaan dan pelayanan informasi di lingkungan Badan Publik untuk menghasilkan layanan informasi yang berkualitas.


Dengan alasan tidak jelas, ini tentu menjadi pertanyaan, ada apa? Apa yang disembunyikan dalam tubuh BPN Kota Bekasi. (YS)

×
NewsKPK.com Update