Notification

×

Iklan

Iklan

PKS Sei Mangkei PTPN-3 Didik Siswa SMK Laksanakan Prakerin

Sabtu | 8/27/2022 WIB Last Updated 2022-08-27T10:58:33Z


Simalungun,Sumut - Prakerin atau Praktek Kerja Industri merupakan kegiatan pendidikan, pelatihan, dan pembelajaran bagi siswa SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) yang dilakukan di dunia usaha atau dunia industri yang berkaitan dengan kompetensi siswa sesuai bidang yang digelutinya.


Pada umumnya, sekolah akan mengupayakan terlaksananya program Prakerin SMK ini demi meningkatkan keterampilan siswa di bidangnya.


Dalam program ini, para siswa diberikan bekal ilmu pengetahuan dasar supaya meminimalisir kendala saat penerapan bekerja.


Program ini dilaksanakan agar siswa lebih siap untuk bekerja di lapangan dan juga dapat mempraktikkan teori yang sudah dipelajari di sekolah,dengan begitu ketika lulus nanti, siswa dapat beradaptasi lebih cepat dengan dunia kerja. 


Suhardi ST Kepala SMK Taman Pendidikan yang ber alamat di pasar satu kelurahan Perdagangan III Kecamatan Bandar Kabupaten Simalungun itu pada penjelasanya Mengatakan,"Prakerin SMK ini merupakan upaya sekolah untuk meningkatkan mutu siswa SMK sehingga dapat menghasilkan lulusan yang mampu menjalani pekerjaan sesuai dengan bidangnya dan memasuki dunia kerja yang persaingannya cukup ketat.


Pelaksanaan program prakerin ini didasari oleh Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 3 Tahun 2017 tentang Pedoman Pembinaan dan Pengembangan Sekolah Menengah Kejuruan Berbasis Kompetensi yang Link and Match dengan Industri yang memuat klausul tentang Praktek Kerja Industri berbunyi,Perusahaan Industri dan/atau Perusahaan Kawasan Industri memfasilitasi Praktek Kerja Industri untuk siswa dan Pemagangan Industri untuk guru Bidang Studi Produktif.


Hal ini juga didukung oleh Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No.323/u/1997 UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional yang menyebutkan, “Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual, agama, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan negara,atas nama sekolah.


Kami sangat apresiasi dan berterima kasi pada PKS Sei Mangkei PTPN-III yang selalu menerima siswa Prakerin di sana,ucap Suhardi. 


AP Simbolon selaku APK PKS Sei Mangkei mengatakan,"Manejemen P.T Perkebunan Nusantara-III (PTPN-III ) PKS Sei Mangkei peduli pendidikan,merupakan unit kerja PTPN-III yang benar benar menjalankan sosial Impac Asesment


"Program Prakerin SMK ini sangat baik untuk mengimplementasi teori yang sudah dipelajari di bidang yang digeluti sebelum benar-benar terjun ke dunia kerja.


Dengan melaksanakan prakerin, siswa diharapkan dapat memperluas pengetahuan seputar dunia industri, mulai dari bahan baku yang digunakan dalam kegiatan produksi pada industri tersebut hingga proses pemasaran dan logistik.


Selain itu siswa juga dapat terlibat langsung dalam kegiatan industri sehingga mendapatkan pengalaman bekerja yang berharga dan dapat digunakan saat memasuki dunia kerja nanti.


Pembentukan pola pikir juga bisa terjadi selama mengikuti prakerin ini,sebab pengalaman yang diperoleh disini pasti akan menambah pengetahuan siswa yang sedikit/banyak mengubah pola pikir.


Prakerin akan membantu membentuk pola pikir agar lebih konstruktif supaya siswa dapat bekerja lebih baik dan dapat melihat peluang serta kesempatan yang lebih baik untuk membangun karir maupun usahanya di masa depan. 


Kami selalu ada dan siap bekerja sama pada pihak-pihak sekolah yang ada disekitaran PKS Sei Mangkei kususnya dan Kabupaten Simalungun pada umumnya untuk memberikan pelajaran didunia industri yang kami kelolah,ucapnya.AP Simbolon Mengahiri.27/8/2022 .(R-01)

×
NewsKPK.com Update