Notification

×

Iklan

Iklan

Ketua Komisi I Desak Pemkot Segerakan Bangun Posko Damkar

Senin | 6/13/2022 WIB Last Updated 2022-06-16T13:33:42Z



Kota Bekasi - Lambannya penanganan kejadian kebakaran di wilayah Kecamatan Pondokgede oleh Dinas Pemadam Kebakaran (Disdamkar) Kota Bekasi, Komisi I DPRD mendesak pemerintah segera bangun Posko Damkar.

 

“Karena kita tau, dua tiga bulan terakhir saja ada beberapa peristiwa kebakaran di Pondokgede tidak terselamatkan. Artinya, kebakaran sudah hampir selesai, petugas (Damkar) baru datang,” kata Faisal, Ketua Komisi I DPRD Kota Bekasi, Senin (13/06/22).

 

Hal tersebut, menurut Faisal, terjadi lantaran di Kecamatan Pondokgede saat ini belum memiliki Pos Komando (Posko) Damkar, sedangkan Posko Damkar yang terdekat berjarak cukup jauh dari Pondokgede.

 

“Saya tidak menyalahkan petugas. Tetapi karena jaraknya memang jauh. Kalau tidak salah posko terdekat berada di Rawalumbu. Itu kan makan waktu sekitar 30 menit, sedangkan respon time itu harusnya 10 atau 15 menit,” ujarnya.

 

Sementara saat ini kata dia, Kecamatan Pondokgede adalah kawasan pemukiman padat penduduk yang populasinya mencapai hampir 200 ribu jiwa, seharusnya itu menjadi prioritas utama dari Dinas Pemadam Kebakaran untuk mendirikan Posko.

 

Terkait hal tersebut, Faisal mengaku dirinya telah merekomendasikan beberapa tempat untuk dijadikan Posko Damkar, salah satunya di Stadion Mini yang berada dekat dengan Kecamatan Pondokgede yang saat ini dikelola oleh Dinas Pariwisata dan Budaya (Disparbud).

 

“Memang dikelola oleh Disparbud. Kalau memang tidak diperbolehkan, kenapa tidak bisa dicarikan solusi lainnya, karena ini situasi yang urgent. Kenapa tidak dipinjami sementara misalnya. Kan tidak juga melanggar aturan Disparbud. Toh kan ini Fasilitas Umum (Fasum) juga, milik daerah juga dan untuk hal yang sangat urgent,” terangnya.

 

Untuk mencari solusi terkait permasalahan Posko Damkar tersebut, ke depan Komisi I berencana akan memanggil Disparbud dan Dinas Pemadam Kebakaran Kota Bekasi.

 

“Makanya nanti ke depan saya akan berdiskusi, baik dengan Disparbud maupun sama Disdamkar,” pungkasnya. (ADV)

×
NewsKPK.com Update