Notification

×

Iklan

Iklan

Gelar Kegiatan Sosialisasi BIAN, Dinkes Pulau Taliabu Bergerak Cepat Untuk Kejar Target

Rabu | 5/18/2022 WIB Last Updated 2022-05-18T01:51:11Z



BOBONG, - Dinas Kesehatan Kabupaten Pulau Taliabu, Provinsi Maluku Utara, gelar sosialisasi Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN). Kegiatan tersebut berlangsung di Balai Rakyat Desa Kilong, Kecamatan Taliabu Barat. Selasa, 17 Mei 2022.


Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pulau Taliabu, Kuraisiya Marsaoly, mengatakan BIAN merupakan upaya pemberian imunisasi secara terintegrasi yang meliputi imunisasi tambahan berupa satu dosis imunisasi campak rubella secara massal, dan kegiatan imunisasi kejang yang merupakan pemberian salah satu jenis imunisasi untuk melengkapi status imunisasi yang tidak lengkap.


"Di Kabupaten Pulau Taliabu sendiri untuk setiap tahunnya, sasaran imunisasi dasar lengkap yang harus dikejar sebanyak 1689 anak yang setiap tahun harus diberi imunisasi dasar lengkap" ungkapnya.


Dari sasaran dasar tersebut. Tambah Kuraisiya, pihaknya hanya dapat menjangkau sekitar 128 anak, hal tersebut dipengaruhi adanya wabah virus Covid-19 sehingga pemenuhan imunisasi dasar lengkap tidak terlaksana secara maksimal


"Hal itu berlaku secara global bukan hanya di Pulau Taliabu saja, karena masa pandemi posyandu berjalan tidak normal sehingga imunisasi dasar lengkap tidak berjalan sesuai dengan target yang harus dicapai" paparnya.


Ditargetkan, sasaran yang harus dicapai pada pelaksanaan bulan imunisasi anak nasional oleh Dinas Kesehatan Taliabu sebanyak 15 ribu yang harus dituntaskan dalam waktu satu bulan. 


"Insya Allah kita berkomitmen dalam waktu satu bulan kita mampu mencapai sasaran 15 ribu" katanya penuh optimisme


Ia menambahkan, Pencanangan bulan imunisasi anak nasional dilakukan secara serentak diseluruh Indonesia mulai Rabu 18 mei 2022 dan dinas kesehatan Pulau Taliabu pun akan melaksanakan secara serentak diseluruh puskesmas.


Sosialisasi BIAN yang melibatkan petugas puskesmas sore itu di tandai dengan penandatanganan komitmen bersama dalam mensukseskan bulan imunisasi anak nasional oleh sejumlah Stakeholder Pemda Pulau Taliabu serta sejumlah organisasi profesi.


"Sekedar informasi, mulai pekan ini Dinkes Kabupaten Pulau Taliabu mulai bergerak mengejar target maksimal di seluruh Kecamatan yang ada di Pulau Taliabu." tuturnya.


( Jek)

×
NewsKPK.com Update