Notification

×

Iklan

Iklan

20% DD Ganda Suli Tahun 2022 Rencananya Buat Kebun Jagung

Sabtu | 4/30/2022 WIB Last Updated 2022-04-30T05:55:21Z




Kaur, Newskpk.com - Pemerintah Desa Ganda Suli,  Kecamatan Luas, Kabupaten Kaur,  Provinsi Bengkulu mengalokasikan Dana Desa (DD) Tahun 2022 sebesar 647.284.000.  Dari total DD  Tahun 2022 tersebut Pemdes Ganda Suli mengalokasikan 20% untuk membuat kebun desa jenis tanaman jagung dan peningakatan usaha tani yaitu sebesar 129.456.800 Rupiah

 

Realisasi 20% DD Ganda Suli sesuai yang di atur dalam peraturan Kementrian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi pada Pasal 5 Ayat 2 huruf (b) di prioritaskan pengembangan Desa wisata untuk pertumbuhan ekonomi Desa merata;

penguatan ketahanan pangan nabati dan hewani untuk mewujudkan Desa tanpa kelaparan;

pencegahan stunting untuk mewujudkan Desa sehat dan sejahtera; dan

Pengembangan Desa inklusif untuk meningkatkan keterlibatan masyarakat


Namun sayangnya rencana kebun jagung desa ganda suli bersumber dari uang rakyat tersebut kabarnya sudah di lakukan titik nol itu diduga tidak termasuk dalam usulan masyarakat pada musyawarah desa (MUSdes) Rabu 22 Desember 2021 yang di hadiri 37 peserta termasuk unsur Pemerintahan Desa.


Namun, Tiba-tiba saja rencana pembuatan kebun jagung masuk dalam penetapan RKPDes pada MUSDes perubahan yang di lakukan pada Jum'at,18 Maret 2022 bertempat di balai Desa Ganda Suli yang di hadiri Anggota BPD, Unsur Pemerintahan dengan jumlah peserta 17 Orang, Masyarkat menilai Kepala Desa Ganda Suli, Abu Sofyan diduga kurang transparan dalam mengelola anggaran DD. 


Selain itu kabarnya lokasi kebun jagun di tanah milik kepala desa ganda suli, Abu Sofyan itu sendiri yang berlokasi di KEDU dengan status lahan di sewa nantinya. Belum di ketahui berapa dana kebun jagung dan sewa lahan tersebut. 


Dikonfirmasi terkait hal tersebut melalui pesan whatsapp Jum'at 29 April 2022 Kepala Desa Ganda Suli, Abu Sofyan enggan berkomentar dengan tidak menggubris pertanyaan awak media. (SMI)

×
NewsKPK.com Update