Notification

×

Iklan

Iklan

Grebek K3 Di Kecamatan Pondokgede, Pengolahan Sampah Berjalan di Kelurahan Melalui Bank Sampah Aktif

Senin | 2/21/2022 WIB Last Updated 2022-03-05T03:54:53Z



Kota Bekasi - Gerakan Grebek K3 yang berjalan secara serentak dilakukan di seluruh Kota Bekasi, sesuai dengan surat edaran yang telah diperintahkan oleh Pelaksana Tugas (Plt.) Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto untuk melaksanakan program peduli lingkungan tersebut.


Pagi ini, Kecamatan Pondokgede mengerahkan seluruh Aparatur di setiap Kelurahan dalam bergerak kegiatan grebek K3, diantaranya tersebar di titik berada di Kelurahan, sebagai berikut :


1. Kelurahan Jatiwaringin, berlokasi di RW 11 - Stadion Mini Kecamatan Pondok Gede

2. Kelurahan Jatimakmur, berlokasi di Perumahan Duta Indah RW 15

3. Kelurahan Jatibening, berlokasi di Depkes II RW 06

4. Kelurahan Jaticempaka, berlokasi di Ponpes Putra Assyafiah

5. Kelurahan Jatibening baru, berlokasi di Perumahan Sarigaperi RW 06.


Camat Pondok Gede, Ahmad Sahroni memantau kegiatan grebek K3 di Kelurahan Jaticempaka yang berlokasi di Pondok Pesantren Asyafiyah, sementara Sekretaris Kecamatan Pondokgede, Teti Handayani memantau langsung di Kelurahan Jatibening Baru yang berada di Perumahan Sarigaperi RW 06. Secara berlangsung kegiatan grebek K3 ini berjalan secara kondusif untuk membersihkan sampah yang tercecer di area sekitar dan dengan memastikan warga untuk tidak lagi melakukan pembuangan sampah sembarangan.


Sekretaris Kecamatan Pondok Gede, Teti Handayani dalam wawancara mengatakan bahwa di setiap Kelurahan se Kecamatan Pondok Gede telah berjalan untuk pengolahan sampah melalui bank sampah di tiap Kelurahan, hal ini menjadi daya tarik dalam rangka program HPSN tahun 2022. Ia mengatakan bank sampah ialah media warga dalam pengelolaan sampah dirumah tangga dan telah berjalan secara aktif di 5 Kelurahan yang berada di Kecamatan Pondokgede.


"Sebagai laporan, warga memiliki tabungan melalui bank sampah yang dikelola, sebagai contoh di Kelurahan Jatibening Baru yakni di Perumahan Sarigaperi RW 06, bank sampah ini telah aktif semasa berdirinya perumahan, bahkan warga ada yang menarik tabungan sampah pada saat hari raya idul fitri sebanyak 3 juta rupiah untuk dicairkan" ujar Sekcam Pondok Gede.


Dalam program HPSN tahun 2022 ini, Bank sampah menjadi gebrakan dalam pengolahan sampah dirumah tangga dan banyak sekali manfaat yang bisa diambil, diantaranya para warga tidak perlu repot untuk membuang sampah di titik lokasi yang ditentukan mereka hanya memilah dan nanti nya para petugas bank sampah datang untuk menimbang dan menghitung hasil dari pemilahan sampah tersebut, sehingga mendapatkan hasil di bank sampah warga tersebut.


Seluruh ASN maupun Non ASN di Kecamatan Pondokgede dan kelurahan bergerak tersebar di titik lokasi dalam membersihkan wilayah, tidak hanya itu, para aparatur juga melakukan penanaman pohon dan pemangkasan pohon yang sudah rimbun. Tidak hanya aparatur dari Kecamatan Pondokgede, Tim monitoring wilayah Kecamatan Pondokgede yakni Inspektorat Kota Bekasi, BPKAD Kota Bekasi dan Bagian Humas Setda Kota Bekasi juga melaksanakan kegiatan grebek K3 di wilayah Kecamatan Pondokgede. (ADV/HMS)

×
NewsKPK.com Update