Notification

×

Iklan

Iklan

Lomba Perpustakaan, Desa Harapan Jaya Raih Juara I Terbaik Sulteng

Selasa | 9/07/2021 WIB Last Updated 2021-09-07T07:25:45Z


Morowali - Penilaian Lomba Perpustakaan Desa Berbasis Insklusi Sosial Tingkat Nasional Tahun 2021 Desa Harapan Jaya Dihadiri oleh yang Mewakili Bupati Morowali Asisten III, Husban Laonu, Kadis Perpusda, Zainudin.S.Pd.M.Pd, Camat Bumi Raya, Abd. Malik Hafid, S.H, M.Si, Kapolsek Bumi Raya, Aiptu. Zulfan.S.H dan Kepala Desa Se Kecamatan Bumi Raya, Senin(06/09/2021)

 

"Mewakili Bupati Morowali Melalui Asisten III Husban Laonu, M.Si Dalam Sambutannya, Hari ini Dalam rangka Penilaian Lomba Tingkat Desa yang kali ini diwakili oleh Perpustakaan dari Desa Harapan Jaya Kecamatan Bumi Raya Kabupaten Morowali Provinsi Sulawesi Tengah, Lomba Perpustakaan Tingkat Nasional Insa Allah kehadiran kita semua, tidak mengurangi makna yang harus kita capai dalam pelaksanaan kegiatan ini,"Sambutnya


Sambung nya, kita semua bersukur bahwa Perpustakaan kita di Desa Harapan Jaya ini, saat ini mewakili Sulawesi Tengah, artinya mewakili Sulawesi tengah dalam lomba Perpustakaan Tingkat Nasional untuk di Sulawesi Tengah Perpustakaan kita ini adalah yang terbaik untuk ukuran perpustakaan Desa.


Jadi bapak dan ibu yang tinggal di Desa Harapan Jaya saat ini bisa berbangga bahwa Perpustakaan nya adalah Perpustakaan terbaik di Sulawesi Tengah karena menjadi Duta Lomba untuk tingkat nasional mewakili Sulawesi Tengah,"Ucapnya.


Sementara kurang lebih seribu jumlah desa di Sulawesi tengah hanya Desa Harapan jaya yang mewakili, ini menurut saya luar biasa dan kita patut berbangga, tetapi kebanggaan itu tidak cukup kita menjadikan kita untuk berpuas diri tetapi itu menjadi tantangan buat kita bahwa menjadi teladan itu mempertahankan teladan itu jauh lebih sulit dari pada kita ingin meraih prestasi,"Jelas Husban Laonu.


Untuk itu apa yang sudah kita lakukan untuk mengembangkan Perpustakaan kita yang menjadi kebanggaan desa harapan jaya sekaligus kebanggaan Kecamatan Bumi Raya dan kebanggaan masyarakat Morowali itu dapat kita terus banggakan dan dapat terus kita pertahankan.


Apa yang ingin kita capai dari Literasi ini, Lomba perpustakaan ini pertama menumbuhkan dan membudayakan minat baca ditengah-tengah masyarakat, Dukungan masyarakat dan keterlibatan masyarakat itu sangat-sangat penting untuk memajukan ini, budaya Baca akan menjadi kebudayaan itu tidak muncul dengan sendirinya tetapi ada tahapan yang kita lalui, kalau dalam teorinya itu ada tahapannya di ajarkan untuk membaca dibiasakan untuk membaca, Didisiplinkan untuk membaca kemudian diruntingkan untuk membaca menjadi satu kebudayaan dan itu akan menjadi adab peradaban.


Kadis Perpustakaan Dan Arsip Daerah Zainudin, S.Pd.M.Pd memamparkan, bagaimana menjadi Pusat dan Super informasi. Kita hari ini Di Desa Super informasi yang diyakini itu tidak hoax, Baik itu informasi tentang ilmu pengetahuan perkembangan, tentang kesehatan, tentang pendidikan, tentang usaha ekonomi.


Beberapa waktu lalu kepala Dinas Perpustakaan Dan Arsip Daerah Kabupaten Morowali, Menerangkan, Pada tahu ini Juara I Lomba Perpustakaan Tingkat Nasional 2021 yang mewakili provinsi Sulawesi Tengah Desa Harapan Jaya,"Jelasnya.


Ini program pemerintah pusat yang sudah dilaksanakan setiap tahun dan program ini terintegrasi mulai dari lomba tingkat kecamatan, tingkat kabupaten, tingkat provinsi dan Nasional yang tetap dilaksanakan setiap tahunnya,"Terangnya.


Desa di kabupaten Morowali ada 126 Desa dan kelurahan tetapi untuk perpustakaan hari ini untuk modelnya perpustakaan baru Tiga Desa.


Dan yang paling layak untuk kabupaten  Morowali untuk tingkat provinsi  adalah Perpustakaan Moro Pintar dan Alhamdulillah dalam lomba tingkat Nasional tahun ini dipercaya sebagai Desa Harapan Jaya Juara I Umum Mewakili Sulawesi Tengah Tahun 2021,"Tutup.


Yohanes

×
NewsKPK.com Update