Notification

×

Iklan

Iklan

PPK Pertanian Kecamatan Luas Diduga Pilih Kasih Dalam Menyampaikan Usulan

Selasa | 8/03/2021 WIB Last Updated 2021-08-03T03:54:49Z


Kaur, Newskpk.com - Kecamatan Luas Kabupaten Kaur, Provinsi Bengkulu mempunyai lebih kurang 40 Kelompok Tani Hamparan  Sawah beserta KWT hal itu berdasarkan data Dinas Pertanian Kabupaten Kaur yang di sampaikan PPK Luas pada pesan Whatsappnya. Sebagian besar Kelompok Tani tersebut bergerak di bidang petani padi sawah dan petani jagung yang sudah terdaftar di SimluhTan, Sudah Terigester dan bersertifikat. 


Diketahui setiap tahunnya Dinas Pertanian Kabupaten Kaur merealisasikan bantuan kepada kelompok tani di wilayah Kecamatan Luas dengan jumlah cukup banyak, baik bibit jagung, padi, pupuk cair atau bibit tanaman jenis Hortikultura lainya dan juga Alsintan.


Namun dalam memyampaikan usulan bantuan  ke Dinas Pertanian,  PPK Kecamatan luas diduga terkesan "pilih kasih" pada kelompok tani dan KWT di wilayah tersebut, Hal ini di akui oleh beberapa kelompok tani yang jarang mendapatkan informasi apalagi mendapatkan bantuan dari Dinas pertanian. 


Belum lama ini Dinas Pertanian Kaur mendapat program bantuan pupuk cair dari kementrian dan kini sedang dalam tahap pendistribusian bantuan pupuk cair terhadap petani melalui kelompok tani dan KWT di masing-masing kecamatan yang ada di Kabupaten Kaur. Akan tetapi lebih kurang hanya  50% kelompok saja mendapatkan bantuan itu. Sekarang mayoritas petani di wilayah kecamatan luas saat ini sedang menanam tanaman jagung,  oleh karna itu bentuan pupuk tersebut sangat di tunggu para petani jagung. 


Terkait hal tersebut, Erwan selaku PPK Pertanian Kecamatan Luas mengatakan dengan kalimat membingunkan   "Ya itulah, Cam luk itulah" dan mengaku sudah mengusulkan  ke Dinas Pertanian  namun hanya itu yang turun. 


"Ya itulah, Cam Luk itulah. Saya cuma mengusulkan namun yang turun hanya itu seperti yang terlihat di data,  nanti bagi yang belum dapat kita usulkan di tahun depan atau kita usulkan jenis bantuan lainya" tuturnya saat di konfirmasi via whatsapp, 02 Agustus 2021.


Menurut keterangan Iderti, SP selaku Kepala Bidang Hortikultura Dinas Pertanian Kabupaten Kaur.dirinya sudah meminta kepada PPK di setiap Kecamatan, agar program bantuan yang ada di Dinas Pertanian baik bantuan dari Kementrian maupun dari Provinsi, Itu harus di sampaikan ke setiap kelompok di wilayah PPK masing-masing. PPK adalah perpanjangan tangan Dinas Pertanian. 


"Saya sudah berulang kali katakan kepada PPK di setiap kecamatan masing-masing, Agar program bantuan khususnya di bidang Hortikultura di sosialisasikan kepada setiap kelompok dan KWT,  kasih tahu mereka. Usulkan sabanyak-banyaknya apalagi bantuan dari kementrian seperti halnya pupuk cair yang sekarang ini. Itu kami usulkan ke pusat berdasarkan data kelompok yang di usulkan oleh PPK. Berapapun data kelompok yang di kasihkan PPK sama kami itulah yang kami usulkan ke pusat dan itulah yang dapat. Jadi ya salah PPKnya kenapa memberikan data kelompok hanya sedikit kalau Kelompok Taninya banyak, pada akhirnya ada yang dapat ada yang tidak" jelas Iderti saat di temui diruang kerjanya, 02 Agustus 2024.


Kurangnya Sosialisasi  oleh PPK Luas terkait dengan bantuan yang ada di Dinas Pertanian Kabupaten Kaur membuat banyaknya petani yang tidak tahu apalagi mendapatkan bantuan, Dugaan kuat PPK Luas "Pilih Kasih" terbukti hanya orang-orang tertentu yang mendapatkan bantuan. Petani Kecamatan Luas berharap kepada Bupati Kaur H. Lismidianto, SH. MH untuk mempringatkan PPK Kecamatan Luas supaya hal ini bisa diperbaiki kedepanya. sesuai dengan janji politiknya "Bantuan pertanian merata tidak ada pilih kasih semua Kelompok Tani berhak mendapatkan bantuan".  (SMI)

×
NewsKPK.com Update