Notification

×

Iklan

Iklan

Bupati Dan Wabup Lakukan Panen Bawang Merah Kelompok Tani

Jumat | 8/06/2021 WIB Last Updated 2021-08-06T11:29:13Z


LABUHA,- Bupati Halmahera Selatan H. Usman Sidik bersama Wakil Bupati Hasan Ali Bassam Kasuba menghadiri kegiatan Panen Bawang Merah Kelompok Tani Bawang Merah Desa Wayamiga, Kecamatan Bacan Timur, Jumat (6/8).


Turut hadir Sekda Maslan Hi. Hasan, Kadis Pertanian Agus Riyawan, Kabag Protokoler dan KP Hendra M.S Selang, Camat beserta Muspika Bacan Timur, Kepala Desa Wayamiga, Penyuluh serta Masyarakat Tani Desa Wayamiga.


Dalam sambutannya Bupati menyampaikan bahwa Pemda akan terus membantu petani termasuk petani bawang merah di Halsel, “Kami akan bantu untuk mendapatkan solusi dari kendala distribusi setelah panen, Insyaallah kalau bisa saya atau Wakil Bupati akan berkunjung sendiri ke Kabupaten lainnya untuk menawarkan hasil panen kita”, ungkapnya.


Lanjutnya, kegiatan menanam bawang ini juga merupakan salah satu bentuk pemulihan ekonomi,  program pengembangan  bawang merah Kabupaten Halmahera Selatan  di tahun 2021 mendapat alokasi sebanyak 3 ha (hektoare). “Saya berharap agar petani dapat melaksanakan program ini sebaik-baiknya, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan petani hortikultura”, harap Bupati.


Sementara itu, Kadis Pertanian dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan menanam bawang merah ini merupakan bagian dukungan dari Program 100 hari kerja Bupati dan Wakil Bupati yaitu Pemulihan Ekonomi juga mendukung ketahanan pangan pasca Pandemi covid-19.


“Bibit bawang merah yang ditanam ini merupakan varietas bauji, kami datangkan dari Surabaya dengan harga perkilo 40 ribu”, tuturnya.


Kadis Pertanian melaporkan bahwa hasil panen petani bawang merah terkendala dalam distribusi/pemasaran,  serta meminta kepada Bupati agar dapat membantu dalam pemasaran hasil panen kelompok tani, “kami  pernah menanam 6 sampai 7 hertar dengan hasil panen 60 ton, sampai koordinator kami melakukan distribusi door to door ke Kabupaten lain”, ucapnya.


Kegiatan ini ditandai dengan panen bawang merah bersama yang dilakukan oleh Bupati dan Wakil Bupati di dampingi Sekda Halsel bersama tamu undangan yang hadir. (Jek)

×
NewsKPK.com Update