Notification

×

Iklan

Iklan

Info Buat Kapoldasu, Gudang CPO Ilegal Ada Disimalungun

Senin | 4/19/2021 WIB Last Updated 2021-04-19T06:43:23Z


Simalungun, Sumut - Truk-truk tangki pengangkut minyak sawit atau Crude Palm Oil (CPO), terlihat hilir mudik memasuki areal gudang di Jalan Asahan, Nagori Kerasaan Rejo, Kecamatan Bandar, Kabupaten Simalungun, Senin 19/04/2021.


Gudang yang letaknya di pinggir jalan lintas Pematang Siantar itu sangat terlihat jelas oleh siapa pun yang melintas di sana,apalagi, lokasinya hanya hitungan beberapa ratus meter dari Mapolsek Perdagangan,gudang tersebut saat ini disebut-sebut menjadi tempat penampungan CPO ilegal.


Pantauan di lokasi, truk tangki pengangkut CPO silih beganti keluar masuk gudang ,"setelah CPO di turunkan dari truk,kemudian diisi lagi dengan cairan seperti limbah yang dihasilkan dari sisa proses pembuatan minyak kelapa sawi,kalau orang biasa sebut miko,” jelas sumber.


Masi menurut sumber,dengan cara itu, muatan truk tangki akan terlihat tidak berkurang,namun, bisa dipastikan, kualitas minyak sawit yang dibawa mengalami penurunan FFA,ungkapnya.


Mas warga sekitar gudang mengatakan,"Semua orang disini sudah tau lah, ngak pagi, siang atau malam, truk tangki CPO keluar masuk gudang itu,pos di depan gudang itu juga ada yang jaga,merekalah yang mengatur truk-truk tangki itu keluar masuk gudang.


“Kegiatan ini sebenarnya sudah lama,sekali pun tak pernah ada tindakan dari APH,praktek ilegal pengoplosan tersebut, sudah barang tentu merugikan pihak perusahaan pemilik CPO dan Negara,apalagi jika CPO tersebut adalah milik perkebunan pemerintah seperti PKS PTPN 4 Bahjambi dan lainya,saat ini gudang dikelola oleh Hen warga Kisaran,namum pemilik atau tokenya Lubis alias Aln warga Simpang Gambus Kecamatan lima puluh Kabupaten Batu Bara.ucap Mas Senin 19/04/2021.


"Limbah PKS berkadar asam tinggi,dipastikan berkualitas rendah,istilah mereka untuk mengganti muatan ini yang biasa disebut ‘kencing.


POME adalah produk samping dari produksi CPO,zat ini cukup berbahaya jika dibuang begitu saja ke alam karena kandungan Chemical Oxygen Demand (COD) yang sangat tinggi di atas 500.000 ppm,POME bisa digunaka untuk produksi biogas dan pupuk organik.


Di PKS, cairan ini tidak ada yang dibawa keluar, kalaupun bisa keluar pasti dicuri,jadi jangan heran kalau kualitas dan kemurnian CPO yang sudah masuk ke gudang-gudang ilegal pasti akan lebih rendah dibanding dari pabrik,sebab sudah ‘dikolak’ dengan itu (POME) tadi.ucap Agus Salim Siregar,Tokoh Pemuda Siantar-Simalungun.


Sampai berita ini disampaikan pada redaksi,Kapolres Simalungun AKBP Agus Waluyo,belum mau memberikan tanggapan.(R-01)

×
NewsKPK.com Update