Notification

×

Iklan

Iklan

Warga Nggele-Onemay Bangun Jalan Tani, Akibat Kesulitan Akses

Senin | 2/22/2021 WIB Last Updated 2021-02-22T01:02:13Z


TALIABU - Kesulitan melewati (akses) jalan saat berkebun, warga Desa Nggele dan Onemay Taliabu Barat Laut, melangsungkan pembangunan jalan tani secara gotong-royong yang rutin setiap hari minggu pagi. 


Jalan tani itu dilakukan secara swadaya oleh masyarakat Desa setempat, mengingat bahwa, medan jalan di lokasi perkebunan tersebut mulai merusak akibat dampak dari hujan. 


Untuk diketahui, pembangunan jalan tani tersebut bermodel setapak, dan berhasil dibangun berkisar 2 (dua) meter dengan menghabiskan 8 karung semen pada tahun lalu. 


Sementara untuk 2 (dua) minggu terakhir ini, warga kedua Desa tersebut berhasil mengerjakan setapak jalan tani dengan panjang sekitar 30 meter. 


"Tahun ini, kami lakukan baru dari minggu kemarin setiap minggu kami kerjakan, dan sekitar 30 meter yang kami selesaikan untuk dua minggu ini," kata Anwar La Unga, seorang warga Desa Nggele pekerja jalan tani kepada wartawan Via Whatsapp, Minggu (21/2/2021). 


Dilain sisi, inspirasi masyarakat untuk menciptakan jalan tani merupakan keharusan dengan mempetimbangan keadan medan jalan yang mulai rusak parah. 


Dengan begitu, masyarakat pekerja jalan tani tersebut berharap adanya sumbangsih anggaran dari pihak Pemerintah Daerah, untuk memuluskan pembangunan setapak menuju perkebunan warga setempat. 


"Kami mengharapkan ada perhatian Pemerintah Daerah Pulau Taliabu, kiranya dapat menyisihkan sedikit anggaran untuk pembangunan jalan tani. Sebab bagi kami, terbangunnya jalan tani sangatlah menyentuh langsung ke masyarakat," pintanya. ( Jek)

×
NewsKPK.com Update