Notification

×

Iklan

Iklan

Vicon Refleksi Dan Proyeksi Pilkada Serentak Menkopolhukam Bersama Mendagri, KPU, Dan Bawaslu RI

Selasa | 12/15/2020 WIB Last Updated 2020-12-15T04:46:28Z


Rohul - Pasca 270 daerah melaksanakan pesta demokrasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020, Pemerintah Pusat melalui Menteri Koordinator Politik Hukum dan HAM (Menkopolhukam) bersama Mendagri, KPU dan Bawaslu RI menggelar Refleksi dan Proyeksi Pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2020 secara Virtual, Senin (14/12/2020).


Sementara tingkat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rohul diikuti Bupati Rohul H. Sukiman yang diwakili Kabag Tapem Setda Rohul Ervan Dedi Sanjaya SSTP, turut juga didampingi Kabag Ops Polres Rohul Kompol Jhon Firdaus, Kasat Binmas Polres Rohul AKP Hermawan, Sekretaris Satpol PP Rohul Dennis Hendri, Perwakilan Kejari Rohul dan Dandim 0313/KPR, di Pendopo Rumdis Bupati Rohul.


Dalam Video Conference itu, Menkopolhukam Mahfud MD menyebut Pilkada yang dilangsungkan pada tanggal 9 Desember 2020 lalu berjalan dengan lancar. Menurut Mahfud, hingga sekarang ini data pasien yang terpapar Covid-19 baik di daerah yang menggelar Pilkada maupun yang tidak menggelar Pilkada 617.830 orang.


"Hingga hari ini belum ada klaster yang tertular dari kerumunan Pilkada. Kalau diproyeksi ke Januari 15 hari lagi, rata-rata 7 ribu sehari itu baru kira-kira akan 800 ribu tidak akan sampai 3,2 juta. Saya terima kasih atas peringatannya," katanya.


Lanjut Mahfud, Pilkada di tengah-tengah Pandemi kali ini partisipasi masyarakat masih dinilai tinggi yaitu mencapai 75,83%. "Jika dibanding dengan pilkada serentak tahun 2015 partisipasi masyarakat 69,02% dan diprediksi turun 50%. Tetapi pada Pilkada 2020 naik ke angka 73,83%," kata dia.


Mahfud mengatakan, pihaknya bersepakat dengan KPU, Bawaslu, Forkopimda untuk terus bekerja sampai proses rekapitulasi suara selesai.


Dia juga berterima kasih kepada organisasi masyarakat, lembaga swadaya masyarakat (LSM) yang secara objektif telah mensuksesnya Pilkada. "Kalau ada yang mau ke Mahkamah Konstitusi (MK) dipersilakan," katanya.


Hal senada juga disampaikan Bupati Rokan Hulu H. Sukiman yang diwakili Kabag Tapem Rohul Ervan Dedi Sanjaya SSTP kepada Media Center Diskominfo Rohul, bahwa Pilkada Rohul berjalan dengan baik dan lancar, namun untuk penetapan hasil resmi, masyarakat diminta bersabar menunggu keputusan resmi dari KPU Rokan Hulu.


“Hari ini saya mewakili Pak Bupati bersama Forkompinda hadir dalam Vicon Refleksi dan Proyeksi terkait Pilkada serentak 2020. Secara umum pelaksanaan Pilkada di Kabupaten Rohul berjalan dengan baik dan lancar sesuai yang diharapkan. Saat ini baru selesai penghitungan tingkat Kecamatan, kita menunggu hasil tingkat KPU Kabupaten," ujarnya


Pemkab Rohul juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada penyelenggara Pilkada, baik KPU dan Bawaslu Rohul, TNI dan Polri yang telah bekerja keras untuk mengamankan Pilkada serentak 2020. Terlebih lagi Pilkada serentak 2020 ini digelar di tengah Pandemi Covid-19. (MCDiskominforohul/Muli)

×
NewsKPK.com Update