Notification

×

Iklan

Iklan

Uji Kompetensi Dimulai Pada BLH Pelaihari

Jumat | 11/13/2020 WIB Last Updated 2020-11-13T00:27:25Z


Tala - Beberapa kelas program pelatihan kerja di Balai Latihan Kerja (BLK) Pelaihari mulai melaksanakan Uji Kompetensi tanda pelatihan untuk periode tahun 2020 akan segera berakhir. Nampak beberapa kelas didampingi tim penguji/asesor sertifikasi dari Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Lembang Provinsi Jawa Barat, Rabu (11/11).


Walau sempat diliburkan beberapa bulan karena awal pandemi Covid-19, pelatihan kerja kembali dilanjutkan di bulan Oktober dan diperkirakan berakhir dengan seremoni kelulusan di bulan Desember mendatang. Terkait antusiasme peserta, Kepala UPT BLK Pelaihari Paryanto mengungkapkan angka pendaftar selalu meningkat setiap tahunnya.


"Pendaftar terus bertambah karena syaratnya tidak dibatasi latar belakang pendidikan, yang tidak lulus SD juga bisa mendaftar. Syarat utama yang ditentukan Kemenaker minimal harus bisa baca tulis, berbadan sehat dan memiliki niat kuat untuk belajar. Karena kita batasi per kelas 16 orang, jadi ada tes penerimaan lagi untuk menyaring pendaftar yang banyak", ungkap Paryanto.


Leha, salah satu peserta BLK Kelas Penata Rambut nampak antusias mengikuti pelatihan. Ia dan rekan-rekannya secara bergantian melakukan praktek menata rambut sekaligus persiapan menghadapi Uji Kompetensi yang akan digelar dalam waktu dekat dikelasnya.


"Alhamdulillah awalnya dapat informasi dari teman yang pernah ikut pelatihan di BLK, jadi tertarik juga untuk meningkatkan kemampuan. Kami belajar menata rambut ini memang dari nol, ikut pelatihan disini semoga bisa lebih baik dan lulus ujian", ujarnya.


Paryanto kembali mengajak warga Tala khususnya para pemuda yang ingin melatih keterampilan kerja untuk bergabung di BLK Pelaihari. Dengan mengikuti pelatihan, tidak hanya ilmu yang didapat namun juga sertifikasi kemampuan yang bisa digunakan untuk membuka usaha atau melamar pekerjaan.


"Kami mengajak para pemuda pemudi atau siapapun yang ingin meningkatkan kemampuan untuk bergabung di pelatihan kerja gratis di BLK, mari bekali diri dengan tingkatkan kemampuan untuk membuka usaha mandiri dan membangun perekonomian Tanah Laut", ajaknya.


Banyak keuntungan yang didapatkan ketika mengikuti pelatihan kerja di BLK. Selain konsumsi makan siang, baju seragam dan uang transport, sertifikat juga akan didapatkan setelah kurang lebih 1,5 bulan menjalani pelatihan. Jika lulus akan mendapat 2 sertifikat yaitu sertifikat dari BLK Pelaihari dan sertifikat yang dikeluarkan oleh BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi) sebagai bukti pernah mengikuti pelatihan berbasis kompetensi. Dengan 2 sertifikat tersebut akan semakin memperkuat status kemampuan yang dicapai selama mengikuti pelatihan di BLK dan akan sangat bermanfaat sebagai referensi dokumen kerja. (Sumber Diskominfo)

×
NewsKPK.com Update