Notification

×

Iklan

Iklan

Pulau Taliabu, Segera Punya Alat Deteksi Virus Corona

Senin | 11/30/2020 WIB Last Updated 2020-11-30T01:24:49Z


TALIABU - Berkat Pjs. Bupati Taliabu. Drs. Maddaremmeng, wilayah Kabupaten Pulau Taliabu segera miliki alat antigen dan Antibodi untuk deteksi virus Corona. 


Hal ini disampaikan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pulau Taliabu Kuraisia Marsaoly, Minggu (29/11).  



 "Saat ini Dinkes sudah melakukan pengadaan alat Anty Gen dan Anti Bodi, karena itu setelah alat tiba di Bobong akan langsung dilakukan rapid test masal,"katanya. 


Kuraisia menjelaskan, alat Rapid Test Antigen dan Antibodi yang dibeli fungsinya untuk mendeteksi virus corona dalam tubuh. Selain itu penggunaan alat ini juga bisa dapat mengeluarkan hasil pemeriksaan lebih cepat dibandingkan pemeriksaan lain.


 "Dalam proses rapid test antibodi menggunakan metode untuk mendeteksi antibodi, yaitu IgM dan IgG yang dapat diproduksi oleh tubuh saat melawan virus corona. Antibodi hanya akan terlihat ketika tubuh mengalami paparan virus corona,"jelasnya.


Terpisah, Ketua Satuan Tugas (Satgas) Pencegahan dan Penaganan Covid-19 Kabupaten Pulau Taliabu, Maddaremmeng mengatakan, prosedur pembelian alat anigen dan antibodi membutuhkan proses sebelum dikeluarkan, tidak seperti membeli gorengan di pasar yang dibayar langsung keluar.


 Selain itu harus dipastikan ketersediaan alokasi anggaran dan prosedur pengadaannya harus sesuai aturan. "Sekarang sedang di proses setelah itu tinggal tunggu waktunya alatnya didatangkan,"katanya.


Dia menambahkan, selama masa tugasnya di Taliabu, dirinya sangat memperhatikan apa yang menjadi tugas pokoknya untuk diselesaikan. "Daerah ini tidak hanya satu masalah yang dipikirkan dan harus diselesaikan, tapi banyak hal, termasuk pencegahan Covid-19,"katanya. 


Sembari menambahkan, langkah-langkah pencegahan tidak hanya dilakukan dengan membagikan masker secara langsung ke masyarakat, razia masker dan lainya, melainkan dirinya juga turun ke masing-masing beberapa OPD untuk memastikan penerapan protokol di setiap perkantoran.


"Ada beberapa OPD yang sudah saya kunjungi. Satu hal yang saya tekankan adalah, OPD wajib terapkan protokol kesehatan, karena masalah pencegahan Covid-19 bukan hanya tugas Satgas, tapi tanggungjawab semua pihak untuk melindungi masyarakat di daerah ini dari pandemi Covid-19,"katanya. 


Seraya menegaskan, dirinya tidak memiliki waktu untuk saling menyalahkan, yang ada adalah melakukan apa yang harus dilakukan sesuai keadaan daerah Taliabu saat ini.(jek).

×
NewsKPK.com Update