Notification

×

Iklan

Iklan

Warga Binaan Rutan Pelaihari di Tes Urin

Sabtu | 9/05/2020 WIB Last Updated 2020-09-05T04:13:50Z


Tanah Laut - Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Pelaihari melakasankan tes urin untuk petugas dan warga binaan, Jumat (04/09). Bekerja sama dengan Badan Nasional Narkotika Kabupaten Tanah Laut,  sebanyak 57 pegawai dan 13 WBP yang dipilih secara acak diambil sampel urinnya untuk dilakukan pemeriksaan.

Kegiatan yang berlangsung di ruang kunjungan Rutan Pelaihari ini dipimpin langsung oleh Karutan Pelaihari, Budi Suharto dan Kasi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNNK Tanah Laut, Rina Wartini, SKM, Kasi Rehabilitasi BNNK Tanah Laut, Budy Setya Nugraha bersama timnya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan COVID-19.

Karutan Pelaihari, Budi Suharto menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mengecek petugas apakah ada yang mengkosumsi dan menggunakan narkoba.

"Kegiatan tes urine ini adalah bentuk keseriusan kita dalam memberantas penyalahgunaan narkoba khususnya di lingkungan rutan. Oleh karena itu seluruh petugas Rutan Pelaihari wajib mengikuti termasuk saya sendiri pun juga ikut," kata Budi Suharto.

Tes urin ini juga dimaksudkan sebagai upaya untuk mengantisipasi sekaligus deteksi dini peredaran maupun penggunaan narkoba di lingkungan Rutan.

”Tidak perlu takut untuk tes urine, pembinaan selaku petugas pemasyarakatan juga patut dilakukan agar bersih dari narkoba. Kalau toh misalkan ada yang positif maka akan dibina. Sebagai evaluasi dan koreksi diri, sangatlah tidak masuk akal tugas kita  melakukan pembinaan kepada narapidana kalau diri sendiri malah terlibat narkoba. Oleh karena itu seluruh petugas harus berani membuktikan dirinya bersih dari narkoba,” tegas Budi Suharto.

Selain itu, orang nomor satu di Rutan Pelaihari itu berharap Rutan Pelaihari terbebas dari ancaman narkoba, tentunya jangan sampai ada petugas yang terlibat dalam upaya penyelundupan dan penyalahgunaan narkoba.

"Petugas Pemasyarakatan seharusnya menjadi teladan bagi warga binaan untuk tetap steril dari pengaruh narkoba. Kepada seluruh petugas Rutan Pelaihari, jangan ada yang terlibat atau akan ditindak tegas, bahkan bisa pada pemecatan,” pungkasnya
×
NewsKPK.com Update