Notification

×

Iklan

Iklan

Dua BUMDES Diharapkan jadi Contoh BUMDES Lain Di Kalsel.

Jumat | 7/10/2020 WIB Last Updated 2020-07-10T10:06:48Z

Tanah Laut - Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Tanah Laut (Tala) gelar rapat koordinasi Tim Pembina BUMDesa Tahun Anggaran 2020 di Aula Lt.III Pemda Tala, Rabu (8/7).

Rapat dibuka oleh Bupati H. Sukamta yang diwakili Kepala Dinas PMD Tala Gatot Subagiyo. Rapat diikuti seluruh Kepala SKPD di lingkup Pemerintah Kabupaten Tanah Laut.

Dalam sambutan Bupati yang dibacakan Kepala Dinas PMD Tala Gatot Subagiyo, disampaikan bahwa saat ini dari 130 desa  telah terbentuk 86 BUMDes di Tala. Demi kemajuan perekonomian desa, Bupati berharap rapat tersebut dapat menjadi sarana penyamaan persepsi antar SKPD dalam pengembangan BUMDes di Tala.

"Selain mendapatkan modal dari dari dana desa, BUMDes juga diharapkan aktif kerjasama dengan pihak ketiga baik kontrak kerja ataupun permodalan," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Kepala Dinas PMD Tala Gatot Subagiyo juga mengungkapkan dari 86 BUMDesa yang terbentuk, ada 11 BUMDes yang aktif. Lebih spesifik, ada dua BUMDes yang telah memberikan keuntungan bagi desa yaitu di Desa Bumi Jaya sebesar Rp 16 juta pertahun dan Desa Bukit Mulia sebesar Rp 40-50 juta pertahun.

Dua BUMDes tersebut juga telah diajukan DPMD Tala untuk menerima bantuan modal dari DPMD Provinsi Kalsel sebesar Rp 80 juta. Gatot menjelaskan modal tersebut akan efektif jika disuntikan pada dua BUMDes tersebut

"Kita lihat dari segi pengembangan sudah siap, sudah memberikan hasil signifikan, lumayan hasilnya. Kalau dibagi ke sebelas desa kurang efektif, jadi kita fokuskan dua dulu," ujarnya.

Lebih lanjut Gatot berharap dengan adanya rapat koordinasi, semua stakeholder dan SKPD terkait dapat melakukan pembinaan sesuai dengan tugas masing-masing. Ia juga berharap pembinaan nantinya dapat terlaksana dengan baik sehingga disamping memberikan keuntungan bagi desa, BUMDes dapat menjadi contoh dan motivasi bagi BUMDes lainnya.

"Paling tidak, dua BUMDes, jadi contoh tidak hanya di Tanah Laut, tapi di Kalimantan Selatan," pungkas Gatot. (Diskominfo/Her)
×
NewsKPK.com Update