Notification

×

Iklan

Iklan

Bupati Taput Buka Kegiatan Diseminasi Dan Promosi Pendaftaran HAKI

Jumat | 7/17/2020 WIB Last Updated 2020-07-17T11:42:39Z

Taput-Sumut. Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan, M.Si didampingi Asisten Pemerintahan dan Kesra Parsaoran Hutagalung, Asisten Perrekonomian dan Pembangunan Osmar Silalahi, Kepala Dinas Koperasi Marco Panggabean buka secara resmi Kegiatan Diseminasi dan Promosi Pendaftaran HAKI (Hak atas Kekayaan Intelektual) di Taput, dihadiri para pimpinan OPD dan beberapa UMKM di Taput, bertempat di Balai Data Kantor Bupati Tapanuli Utara, Tarutung (Jumat,17/07/2020).

"Kegiatan ini untuk memberikan informasi di bidang kekayaan intelektual bagi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) agar dapat memahami pentingnya masalah kekayaan intelektual dan perannya dalam dunia usaha. Juga peningkatan kualitas dan daya saing SDM melalui pengembangan jiwa kewirausahaan," ujar Bupati mengawali.

Selanjutnya, Bupati menyampaikan bahwa kegiatan ini juga bertujuan untuk mensosialisasikan persiapan-persiapan apa saja yang telah dilakukan Kementerian Hukum dan HAM dalam mengimplementasikan serta menjelaskan tata cara dan prosedur untuk mengajukan permohonan sertifikasi hak atas kekayaan intelektual. HAKI ini adalah hak alamiah atau hak dasar yang dimiliki seseorang berkaitan dengan intelektualitas yang meliputi akal atau rasio manusia yang harus dihormati oleh manusia lainnya.

Dia berhak untuk memiliki dan mengontrol segala yang diciptakan atau dihasilkannya. Banyak produk UMKM yang bernilai ekonomi tinggi dan memiliki keunikan tersendiri yang harus kita lindungi ketika sudah masuk pangsa pasar agar ide dan desain produk kita tidak diklaim orang lain," ujar Bupati menambahkan.

Dalam kesempatan itu, Bupati juga menyampaikan bahwa telah disusun dan akan diajukan 63 jenis komoditi dan 55 Merek UMKM Taput untuk memperoleh sertifikasi HAKI.

Selaku narasumber dalam acara diseminasi tersebut, Christ Andrey Napitupulu, M.Si selaku Kasubdit Pemberdayaan, DIT, KSP DJKI Kemenhumkam, Gunawan, S.Si Kepala Seksi Pemeriksaan IG. Dit. Merek DJKI, Aldransyah Pradana Putra, SH Tim KI Komunal Subdit Pemberdayaan dan Frans Sunarta Ginting, SH dari Tim Promosi dan Diseminasi KL. Dit. KSP. DJKI Kemenhumkam.

Pada kesempatan itu, Bupati Taput juga menyampaikan cinderamata berupa ulos kepada narasumber dan souvenir dari para pengerajin UMKM berupa produsi kepada Bupati dan para narasumber. (RU/Tim)
×
NewsKPK.com Update