Notification

×

Iklan

Iklan

Juara Satu Lomba Inovasi Daerah Era New Normal, Aceh Tamiang Bawa Pulang Piagam Plus DID 3 Milyar

Senin | 6/22/2020 WIB Last Updated 2020-06-22T14:11:46Z

Jakarta --|Kabar bahagia tengah dirasakan Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang, Setelah sebelumnya Bupati Aceh Tamiang H. Mursil, SH, M.Kn mendapatkan undangan kehormatan dari Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian pada Jum’at 19 Juni 2020.


Hal tersebut dikarenakan Aceh Tamiang masuk nominasi pemenang Lomba Inovasi Daerah Dalam Penyiapan Rencana Pelaksanaan Tatanan Normal Baru (New Normal) Produktif dan Aman Covid-19, Senin (22/06/20),


Aceh Tamiang yang dijuluki sebagai Bumi Muda Sedia berhasil meraih Juara Pertama Klaster Kabupaten pada Sektor Pasar Modern. Penganugerahan Lomba Inovasi tersebut berlangsung di Gedung Sasana Bhakti Praja Lt.3 Kementerian Dalam Negeri Jakarta Pusat, yang dimulai sekira pukul 10.00 Wib.


Mengawali acara Ini, Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Muhammad Tito Karnavian dalam sambutannya mengatakan, berbagai ahli kesehatan baik nasional maupun internasional menyampakian bahwa pandemi Covid-19 ini tidak berakhir dengan segera.


Oleh karena itu, tito menambahkan, dunia kini beradaptasi dengan pandemi dengan melakukan inovasi baru dengan tatanan baru atau new normal life, karena tidak mungkin melakukan pembatasan terus-menerus secara ketat apalagi lockdown, demikian pula dengan Indonesia.


Upaya adaptasi ini disampaikan oleh Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu, dengan istilah tatanan kehidupan baru yang produktif, aman Covid-19.


“Sebagai sesuatu yang baru, tatanan ini memerlukan pengenalan atau pra kondisi agar seluruh masyarakat siap dan mampu beradaptasi. Prakondisi ini dilakukan dengan protokol kesehatan dalam berbagai sektor kesehatan dengan simulasi-simulasi,” kata Mendagri.


“Adapun Peran Pemda menjadi sangat penting, karena 548 Pemda tingkat I provinsi, dan tingat II kabupaten/kota bersentuhan langsung dengan masyarakat masing-masing. Oleh karena itu, Kemendagri bersama dengan Kemenkeu, Kemenkes, Gugus Tugas Covid-19, KemenPAN-RB, Kemenparekraf, Kemendag, dan BNPP berinisiatif membuat lomba antar daerah untuk membuat protokol kesehatan Covid-19 dengan simulasinya di 7 sektor kehidupan yaitu pasar tradisional, pasar modern, hotel, restoran, tempat wisata, transportasi umum, tempat Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP)”, sebutnya lagi.

Pada Lomba Inovasi Daerah ini, Aceh Tamiang mengirimkan 7 sektor Video Simulasi Riil New Normal Life yang meliputi Sektor Pasar Tradisional dengan Judul ”Gunakan Tanggok Jaring sebagai Media dalam Menjaga Jarak agar Terhindar dari Covid-19”, Sektor Tempat Wisata dengan Judul ”Masker Gratis untuk Wisatawan agar Bebas Covid-19”, Sektor Pasar Modern dengan Judul ”Layanan UMKM Wakde Binaan TP-PKK, Solusi Tepat Dirumah Aja Agar Terhindar Dari Penyebaran Covid-19”, Sektor Restoran dengan Judul ”Welcome Drink Ramuan Tradisonal sebagai upaya Antisipasi Dini Bebas Covid-19”,


Sektor Perhotelan dengan Judul ”Penyediaan Handsanitizer pada setiap Meja sebagai upaya terhindar Covid-19” , Sektor Transportasi Umum dengan judul ”Penyediaan Kantin Kejujuran APD bagi Penumpang Kendaraaan agar terbebas dari Covid-19” serta Sektor Pelayanan Perizinan dengan Judul ”Daftar Izin dari Rumah Saja Solusi Tepat agar Terhindar dari Covid-19”.


Adapun Video Inovasi Kategori Sektor Pasar Modern dengan Judul “Layanan UMKM Wakde Binaan TP-PKK, Solusi Tepat Dirumah Aja Agar Terhindar Dari Penyebaran Covid-19” meraih Juara Pertama.


Lomba yang diikuti oleh 34 Provinsi, 354 Kabupaten, 98 Kota, dan 62 Kabupaten Tertinggal dengan Total Video yang masuk sebanyak  2.517 ke Panitia.


Dan Aceh Tamiang satu-satunya Kabupaten yang ada di Provinsi Aceh yang meraih juara 1 dari 22 Kabupaten/Kota yang mengikuti lomba ini. Hal ini merupakan suatu kebanggan bagi Kabupaten Aceh Tamiang, karena selain mendapat Piagam Penghargaan, Aceh Tamiang mendapatkan Dana Insentif Daerah (DID) sebesar 3 Milyar.

Dalam menerima Peng-anugerahan tersebut di Jakarta, Bupati Aceh Tamiang Mursil diwakili oleh Asisten Ekonomi dan Pembangunan Drs. Abdullah. Saat menonton bersama acara tersebut secara live streaming diruang kerja Bupati, tampak Bupati Mursil merasa bangga saat melihat Abdullah menaiki pentas dan menerima penghargaan dalam ajang tersebut.

“Alhamdulilah, setelah kita masuk nominasi, hari ini ternyata kita meraih Juara 1, Ini menjadi prestasi yang sangat membanggakan dan dalam ajang ini Kabupaten Aceh Tamiang akan lebih dikenal lagi”, ujar Mursil sembari menyaksikan acara tersebut.

Dalam pada acara itu, Penganugerahan lomba dibuka langsung oleh Wakil Presiden

Republik Indonesia KH. Ma’ruf Amin dan dihadiri oleh Jajaran Kabinet Indonesia Maju, Gubernur, Bupati/Walikota yang mendapatkan Juara Satu dalam Penghargaan ini serta seluruh Gubernur, Bupati/Walikota se-Indonesia yang terhubung secara Virtual.

L/p :Aby Azzam
×
NewsKPK.com Update