Notification

×

Iklan

Iklan

BKSDA Aceh Kembalikan Raja Rimba ke Habitat Aslinya

Minggu | 6/21/2020 WIB Last Updated 2020-06-21T08:57:13Z

Tapaktuan -Aceh  Harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae) yang dikhabarkan masuk perangkap BKSDA ACEH beberapa hari yang lalu di Desa Jamboe Dalem, Kec. Trumon Timur, Kab. Aceh Selatan, akhirnya dilepasliarkan kembali ke alam yaitu di Kawasan TN. Gunung Leuser Sabtu (20/6/2020) sekitar pukul, 09.00 WIB.

Harimau Sumatera ini sengaja ditangkap karena telah meresahkan warga dan memangsa ternak mereka.

Diketahui, Harimau Sumatera tersebut berjenis kelamin betina dewasa dengan perkiraan usia 5 - 6 tahun dan panjang badan, kepala hingga ekor sekitar 2 meter.

Sebelumnya, Harimau Sumatera ini telah menjalani observasi kesehatan di CRU (Counservation Respon Unit), Gampoeng Naca, Kecamatan Trumon Tengah, Aceh Selatan.

Setelah dinyatakan sehat oleh Tim Kesehatan Satwa Liar BKSDA ACEH dan FKL (Forum Konservasi Leuser), maka selanjutnya hewan lindung tersebut  dilepasliarkan kembali ke habitat aslinya yaitu di Kawasan TN. Gunung Leuser.

Nenek Belang ini diangkut dengan menggunakan perahu motor cepat (Speedboat) dengan waktu tempuh perjalanan dari desa terdekat ke kawasan TN. Gunung Leuser adalah 4 - 5 Jam.

"Begitu pintu kerangkeng satwa dibuka, Harimau Sumatera yang kemudian oleh BKSDA ACEH diberi nama IDA ini sempat diam beberapa detik dan kemudian melompat cepat ke dalam hutan.

Translokasi Harimau Sumatera ini di gelar bersama BKSDA ACEH, BBTNGL, WCS - IP, FKL, POLRI dan PERS.

Terimaksih kepada seluruh pihak yang telah berperan aktif membantu menyelamatkan Harimau Sumatera tersebut kembali kehabitatnya.

L/p: Aby Azzam
×
NewsKPK.com Update