Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Masyarakat Minta Bupati Kepsul Evaluasi Kenerja Anggota BPD Kecamatan Sula Besi Selatan

Rabu | 5/20/2020 WIB Last Updated 2020-05-20T06:15:31Z

NEWSKPK, SANANA -Salah satu warga masyarakat desa Fuata kecamatan Sula besi selatan Sunardi Buamona, Meminta Kepada Bupati kabupaten kepulauan Sula agar segra mengevaluasi kinerja Kadir Leko, sebagai Anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD)desa Fuata kecamatan Sula besi selatan, Terutama dalam penggunaan dana desa, supaya tidak ada penyalahgunaan dana desa.

Sunardi, Setelah melihat dinamika yang terjadi di desa Fuata kecamatan Sula besi selatan bahwa Badan Permusyawaratan desa(BPD) memang tidak melaksanakan fungsi pengawasannya sebagai ketua dan anggota BPD Menurutnya,  pengawasan itu perlu dilakukan terhadap perencanaan dan pelaksanaan pembangunan desa. Termasuk penggunaan dana desa yang jumlahnya semakin meningkat.

“Anggota BPD harus bisa bekerja sama dengan kepala desa untuk merencanakan pembangunan. Awasi dan jalin komunikasi agar penggunaan dana dan program pembangunan dapat tepat sasaran dan mutu,” Ucap Sunardi Pada media ini Rabu(20/05/2020).

Sementara fungsi BDP ibarat DPRD yang memiliki fungsi legislasi, yakni penganggaran dana desa dan pengawasan terhadap perangkat desa. Sehingga, para anggota BPD harus memiliki kompetensi yang memadai agar dapat menjalankan fungsinya dengan baik.

Sunardi, menyampaikan, para anggota BPD berperan penting dalam menentukan program pembangunan desa. Mereka merupakan wakil warga desa yang mengetahui persis kondisi dan kebutuhan mereka. Melalui mekanisme musyawarah perencanaan pembangunan desa (musrenbangdes), anggota BPD dapat merumuskan program pembangunan desa dan anggarannya.

“Disinilah pentingnya kompetensi pribadi para anggota BPD agar perencanaan berjalan baik dan tepat sasaran,” tegasnya lagi.

Dirinya berharap agar Bupati Kepsul Segra Evaluasi BPD desa Fuata kecamatan Sula besi selatan, sehingga BPD lebih Memahami fungsi pengawasannya.(***)
×
Berita Terbaru Update