Notification

×

Iklan

Iklan

Alhamdulillah BLT-DD TaloTaliabu Berhasil Di Salurkan Tahap II

Kamis | 5/28/2020 WIB Last Updated 2020-05-28T08:22:30Z

TALIABU - Di Tengah- tengah Pandemik Covid-19 ini, Pemerintah Desa Talo Kecamatan Taliabu Barat ( Pultab) Kabupaten Pulau Taliabu Provinsi Maluku Utara ( Malut). Optimis melaksanakan kegiatan Penyerahan Penyaluran Bantuan Lansung Tunai Dana Desa ( BLT DD)Talo berhasil disalurkan." Penyaluran tersebut dihadiri oleh Pemerintah Desa, Pemerintah Kecamatan, ketua BPD, Babinsa, Bhabinkantimas Polsek Taliabu, Tim relawan Covid-19, Toko Masyarakat Desa Talo serta warga masyarakat penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) di kantor desa setempat." pintasnya.

 Ketua Tim Relawan Covid-19 selaku Kepala Desa Talo Yakni Stephanus Ohoiledjaan, S.H dan Kepala Kecamatan Taliabu Barat Kabupaten Pulau Taliabu Yakni Dince Muhdin,  ungkap." Kepala Desa Talo Melalui Via telpon seluler Media NewsKPK, Kamis 28/05/2020.

Lanjut dia, Dalam kegiatan tersebut selaku Kepala Desa Talo Taliabu Barat, menyampaikan bahwa hasil kesepakatan untuk kepala keluarga yang memenuhi kriteria kurang lebih 21 KK, (Dua puluh Satu Kepala Keluarga).

"dari hasil Pendataan Tim Relawan Covid-19 Desa Talo berdasarkan Pendataan di setiap Kepala Keluarga di  sesuaikan dengan 14 kriteria,  sesuai  dengan surat edaran dari Peraturan Menteri Desa, bahwa penyebaran Corona Virus Disease 2O19 (COVID- 19) telah berdampak bagi kehidupan sosial, ekonomi, dan kesejahteraan masyarakat Desa; bahwa berdasarkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2O2O tentang Kebijakan Keuangan untuk Penanganan dan Penyebaran Pandemi Corona Virus Disease 2O19 (COVID-19) di Desa melalui penggunaan Dana Desa dapat digunakan untuk bantuan langsung tunai kepada penduduk miskin di Desa."tandasnya.

Kepala Desa Talo Stephanus Ohoiledjaan, S.H, Menambah terkait dengan  penyaluran bantuan Langsung Tunai Dana Desa( BLT-DD) Khusus nya Warga Masyarakat Yang Layak Mendapatkan BLT DD di tahun 2020

BLT Dana Desa Talo Kecamatan Taliabu Barat di salurkan secara simbolis Hari Kamis 28/05/2020 pagi tadi, Terjumlah 21Kepala Keluarga Yang Wajib menerima BLT Dana Desa di tahap II pagi tadi."imbuhnya.

 "yang  menerima bantuan Langsung Tunai (BLT Dana Desa) ditahap II ( Dua) di salurkan pagi tadi sejumlah Rp.12.600.000,00,- (Dua belas Juta enam ratus ribu Rupiah ) dan tahap tiga nanti akan salurkan di akhir bulan Juni 2020 katanya.

insaAllah Tahap III nanti sudah disalurkan, akan menambah lagi Tiga bulan 3 bulan ke depan, sesuai Menteri Keuangan menaikkan jumlah dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa. Hal ini berdasarkan keputusan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 50/PMK.07/2020 tentang perubahan atas 250/PMK.07/2019 tentang Pengelolaan Dana Desa.

Astera Primanto, Dirjen Perimbangan Keuangan, mengatakan, sesuai PMK tersebut menyatakan pemerintah menaikkan dana BLT Dana Desa dari Rp 1,8 juta/Kk menjadi Rp 2,7 juta/KK. Selain itu, jangka waktu pemberian BLT Dana Desa ditambah, sehingga menjadi 6 bulan." jelasnya.

 "warga masyarakat Desa Talo Kecamatan Taliabu Barat yang terdaftar dalam BLT Dana desa itu, wajib di terimah untuk memanfaatkan kebutuhan sehari- hari karena akibat dari Pandemik virus Corona ini. BLT Dana Desa tersebut, akan diberikan selama periode tiga bulan di tahun 2020 ini. dan selesai

" BLT dari Dana Desa tahun 2020 ini, untuk membantu meringankan beban warga desa yang terkena dampak Covid -19. Meski terkesan terlembat, namun Kepala desa tetap optimis akan merealisasikan program itu. Pasalnya, pihaknya masih melakukan validasi data calon penerima BLT yang ada pada desanya.

"Desa Talo ini, ada masyarakat yang dapat bantuan Program Keluarga Harapan, olehnya itu kami masih melakukan validasi data masyarakat, sehingga dalam pelaksanaan pembagian anggaran BLT nanti tepat sasaran dan tidak bertabrakan dengan aturan" tandasnya.


 kades juga memintah kepada warga agar tetap waspada, ikhtiar dan juga tetap berdo'a semoga wabah ini cepat terselesai dengan cepat dan nantinya tidak ada yang terpapar dalam virus yang ganas itu.

"Jika mencegah itu baik, kenapa harus kita mengobati" tambahnya.

"tetap mengikuti anjuran pemerintah biar kita bisa aman. seringlah cuci tangan, jaga jarak dan mulailah jaga pola hidup sehat" pintah kades" harapnya.(Jak)
×
NewsKPK.com Update