Notification

×

Iklan

Iklan

8 Orang Setelah Menjalani Karantina Selama 1 Bulan Akhirnya Sembuh

Minggu | 5/31/2020 WIB Last Updated 2020-05-31T13:53:39Z

Tanah Laut  - Sempat terkonfirmasi positif Covid-19 beberapa waktu yang lalu, 8 pasien yang di rawat di Fasilitas Khusus (Fasus) eks RSUD H Boejasin kini boleh bernafas lega dan pulang kerumah. Dua kali hasil Swab Test terbaru mereka menunjukkan negatif Covid-19, mereka pun dinyatakan sembuh dan boleh pulang. Kepulangan 8 warga tersebut dilepas oleh Koordinator Penanganan pada Gugus Tugas Covid-19 Tala H Zainal Abidin dan Rafiki Effendi, Sabtu (30/5).

Mereka yang dinyatakan sembuh dan boleh pulang terdiri dari 3 orang asal Kec. Bati-Bati, 3 orang asal Kec. Batu Ampar, 1 orang asal Kec. Bajuin, dan 1 orang asal Kec. Jorong, dengan rincian 6 pria dewasa, 1 perempuan dewasa, dan 1 anak-anak.

H Zainal Abidin yang juga Staf Ahli Bidang Pembangunan, Ekonomi, dan Keuangan Setda Tala mengungkapkan masa karantina 8 orang tersebut bervariatif. Kesabaran dan ketekunan mengikuti prosedur perawatan turut menjadi andil dalam kesembuhan pasien.

"Dari 8 orang tersebut ada yang masuk Fasus sejak 22 April, artinya beliau sudah satu bulan lebih ikut karantina disini. Kami pun meminta masyarakat Tala bisa mengikuti protokol kesehatan, mengikuti anjuran pemerintah dalam upaya memutus penyebaran Covid-19. Masyarakat perlu tau dalam masa karantina itu tidak sebentar, minimal 14 hari kita rawat disini", ujar H Zainal.

Rafiki Effendi yang juga Kepala Badan Kesbangpol Tala turut menerangkan terkait prosedur dan masa yang harus dilalui untuk mengantongi hasil pasti Swab Test tidaklah instan.

"Lama tidaknya perawatan karantina di Fasus juga ditentukan dari hasil Swab Test yang kita kirim ke laboratorium di Banjarbaru. Kita harus menunggu antrian karena di Kalsel hanya ada satu laboratorium yang mampu memproses hasil Swab Test", tambah Rafiki.

Kini total angka kesembuhan dari Covid-19 sejauh ini di Tala bertambah menjadi 15 orang. Pasien positif Covid-19 yang masih dirawat ada 46 orang, dan yang meninggal ada 6 orang dengan rincian 1 orang meninggal dengan status Positif Covid-19, serta 5 orang yang meninggal dengan status PDP.(Diskominfo/Heryand)
×
NewsKPK.com Update