Warga Desa Ranto Naru Harus Cari Signal HP di Puncak Gunung

Warga Desa Ranto Naru Harus Cari Signal HP di Puncak Gunung

Sabtu, 14 Maret 2020, 11.17

Aceh Timur - News KPK.Warga Desa Ranto Naru Kecamatan simpang jernih kabupaten Aceh Timur,sahiddin hingga hari ini masih keluhkan jaringan hempon seluler.

Pasalnya masyarakat harus mendaki gunung baru bisa mendapatkan jaringan siknal Itupun belum tentu  mendapatkan jaringan yang stabil.

Setiap hari, warga desa ranto naru ,melidi,tampur bur dan tampur paluh selalu keluhkan jaringan hempon seluler diwilayah tersebut, saat warga menghubungi anak yang melanjutkan pendidikan di wilayah perkotaan dan termasuk menghubungi sanak keluarganya yang berdomilisi di wilayah idi,kuala simpang dan kota langsa.

masyarakat terkadang ramai mengantri ke sebuah bukit yang dikenal dengan sebutan bukit nokia yang terletak di wilayah desa ranto naru dan sekitarnya dan menempuh perjalanan kurang lebih setengah jam dari desa ranto naru ke lokasi tempat siknal berada.

disana tak ada pepohonan tempat berlindung,Warga pun harus rela panas-panasan demi untuk mendapatkan signal untuk menghubungi keluarga beserta anak-anak mereka yang sekolah di daerah perkotaan.

Uniknya, hanya telepon genggam jadul saja yang mendapatkan signal Sementara Android maupun handphon canggih lainya tidak bakalan mendapatkan signal sama sekali.

Warga Datang ke Bukit nokia, sambil menaruh hempon di atas kayu yang sudah dipersiapkan di lokasi bukit nokia tersebut dan ada dua kayu yang dibuat khusus sebagai tempat menggantungkan hempon sehingga hempon mendapatkan jaringan.

Jika sudah menggantungkan hempon di ranting kayu, maka tidak boleh lagi dipegang atau di gerak-gerakan, karna jika Sedikit saja bergoyang, signal langsung menghilang, Jika signal sudah dapat maka warga baru bisa berbicara dengan menghidupkan pengeras suara di telepon.

Kadang lagi asyik ngomong tiba-tiba sambungan terputus karena siknal hilang dan di sini sinyalnya lari-lari. Kadang dapat kadang tidak, Kalau cuacanya mendung sampai sehari kadang nggak dapat signal, kadang kami terpaksa pulang dengan kecewa," kata sahiddin saat ditemui media ini, 13 maret 2020.

Menurut keterangan warga desa ranto naru sahiddin disini Ada beberapa  desa yang belum mendapatkan signal hempon salah satunya desa ranto naru, desa melidi,desa tampur bur, tampur paloh dan desa ranto panjang Kecamatan simpang jernih kabupaten aceh timur.

Sahiddin menambahkan ada 5 desa yang masih terbatas jaringan komunikasi signal hempon seluler dan kami hususnya dari lima desa sangat mengharapkan kepada  pemerintah kabupaten aceh timur hususnya PT.Telkomsel agar bisa kiranya membantu pembuatan tower telkomunikasi di daerah kami sehingga kami huausnya masyarakat di lima desa dapat menghubungi anak-anak kami yang sedang melanjutkan pendidikanya di wilayah perkotaan tutup, Sahiddin,.""(said)

TerPopuler