Notification

×

Iklan

Iklan

Hadapi Penyebaran Wabah Virus Covid-19, Bupati Gumas Himbau Warga Tidak Lupa Berdo’a

Jumat | 3/27/2020 WIB Last Updated 2020-03-27T13:00:53Z
Bupati Gunung Mas (Gumas), Kalimantan Tengah (Kalteng), Jaya Samaya Monong

Kuala Kurun-Dalam upaya mencegah warganya dari penularan pandemi  virus Covid-19 atau yang kren dikenal dengan Corona, Bupati Gunung Mas (Gumas), Kalimantan Tengah (Kalteng), Jaya Samaya Monong selain  menghimbau untuk meningkatkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) juga meminta warganya tidak lupa berdo’a.

Himbauan orang nomor satu di bumi Habangkalan Penyang Karuhei Tatau itu disampaikan melalui Live streamming di akun jejaring sosial facebook, Kominfosp Gumas, yang diunggah. Sabtu (21/3/20).

“Salam sehat, tabe karigas tuntang ka abas akan itah samandiyai (Semoga kesehatan dan kekuatan diberikan untuk kita semua). Saya Jaya Samaya Monong, Bupati Gunung Mas bersama ini manyampaikan himbauan kepada masyarakat Kabupaten Gunung Mas terkait bencana global penyebaran virus corona keseluruh dunia dan saat ini sudah masuk ke  Indonesia, bahwa Pemerintah Republik Indonesia telah menetapkan status wabah virus corona atau covid-19  sebagai bencana Nasional, menindak lanjuti hal tersebut,  saya menghimbau kepada masyarakat gunung mas untuk tetap tenang, tidak panik,” tuturnya.

Tetapi, menurutnya tetap waspada dan membantu menahan laju penyebaran covid 19 melalui aksi sederhana, tetapi berdampak besar dengan meningkatkan gerakan masyarakat hidup sehat atau yang lebih dikenal dengan istilah Germas, yaitu rajin mecuci tangan pakai sabun setelah selesai melaksanakan aktivitas, menghindari terlalu sering menyentuh muka, menjaga jarak dengan orang yang batuk atau bersin, kurangi beraktifitas di keramaian, kecuali sangat diperlukan, meningkatkan konsumsi gizi seimbang dengan memperbanyak makan buah-buahan dan sayur, meningkatkan daya tahan tubuh dengan olah raga secara teratur dan istirahat yang cukup.

“Hindari, kontak dengan hewan penular makan makanan yang dimasak sempurna dan  jangan mengkonsumsi daging hewan yang berpotensi menularkan, minum air mineral minimal  8 (delapan) gelas  sehari, tidak merokok, bila terdapat gejala batuk, filek dan sesak nafas, segera ke fasilitas kesehatan terdekat, gunakan masker bila terdapat gejala batuk dan filek dan hal lain yang terpenting adalah jangan lupa berdoa. Demikian himbauan ini, kami sampaikan. Semoga Gunung Mas semakin bermartabat, maju berdaya saing, sejahtera  dan mandiri. Terimaksih salam sehat,” paungkasnya. (Mandau)
×
NewsKPK.com Update