Bawaslu Kaur Melaui Panwascam Sukses Menggelar Pelantikan Dan Bimtek PDK

Bawaslu Kaur Melaui Panwascam Sukses Menggelar Pelantikan Dan Bimtek PDK

Jumat, 20 Maret 2020, 21.10

Kaur, Bengkulu - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu)  Kabupaten Kaur menggelar Pelantikan Panitia Pengawas Desa Dan Kelurahan (PDK) Se Kabupaten Kaur Melalui Panwascam Di masing-masing Kecamatan.Jum'at 20 Maret 2020.

Acara Pelantikan dan Bimtek di kabarkan berlansung Sukses,aman dan lancar.Seluruh kegiatan di laksanakan secara serentak dan hadiri oleh bawaslu kaur juga di pantau oleh Bawaslu provinsi Bengkulu.

Seperti Di kecamatan luas pelantikan dan Bimtek juga belansung sukses.
 Pelantikan dan pengabilan sumpah jabatan PDK lansung dilakukan oleh ketua Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Luas
Evan jayadi SE Dan di hadiri oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Kaur Toni Kuswoyo S.Sos Yang Di wakili Staf Bawaslu Irawan Sakti Bidang SDM, Camat Luas, Kepala Desa Sekecamatan luas, Babinsa, Khamtibmas,Kepala KUA dan Tokoh Masyarakat. Acara berlansung di Gedung serba guna (GSG)  Desa Bangun Jiwa, Kecamatan Luas, Kabupaten Kaur.

Setelah selesai pelantikan dan pengambilan supah jabatan, acara Diteruskan dengan Bimbingan  Teknis (Bimtek) Untuk memberikan pengarahan tentang cara kerja PDK serta  Tugas, wewenang dan tanggung jawab. Dalam hal ini ketua Panwascam kecamatan luas Evan Jayadi SE mengharapkan kepada seluruh PDK yang sudah di lantik agar bisa menjalankan tugas sesuai dengan aturan yang berlaku serta profesional.


"saya mengharapkan kepada seluruh pengawas desa/ kelurahan(PDK) yang terpilih agar dapat menjalankan tugasnya dengan baik Sesuai aturan yang berlaku,Serta bertanggung jawab dan bisa bekerja sama dalam Tim Yang jelas tetap mengutamakan solidaritas, integritas, moralitas dan propesionalitas"Ujarnya


Acara Bimtek di hadiri Kasat Intelkam Polres Kaur IPTU Tomson Sumbiring didamping anggota itelkam polres kaur Herman. Yang bertindak selaku Nara Sumber. Dalam kesempatan yang Baik ini,  Kasat Intelkam memberikan sejumlah pemahaman tentang Tugas, wewenang dan tanggung jawab PDK.

"Peran aktif PDK dalam melakukan pengawasan Pemilihan nanti di harapkan bisa ikut serta mensukseskan Pilkada yang akan di gelar september mendatang. Dan PDK harus tau data pemilih potensial desa masing-masing.

Serta mengawasi jika ada Dugaan pungli dan pelanggaran rekrutmen PPS dalam isu yang berkembang saat ini. Tentunya  Pemutakhiran data itu sangat penting, anda juga harus mengawasi kerja PPS di masing-masing desa, Perlu juga hapal dengan tahapan pemilu tentunya. Setiap tahapan pilkada ini nanti harus di awasi baik tingkat desa, kecamatan dan kabupaten.

 Dan Bapak ibuk berhak melakukan pemanggilan dan pemeriksaan jika di temukan ada dugaan pelanggaran . Yang jelas lakukan koordinasi yang baik dengan panwascam,  karna PDK adalah ujung tombak bawaslu. Jangan bertindak semaunya tanpa melakukan koordinasi  ketika ada dugaan temuan money politik nantinya.

 Harus ingat 3 tadi,  yaitu tugas,wewenang dan tanggung jawab" Demikian (SUMANTRI)

TerPopuler