Antisipasi Virus Corona Rutan Kelas IIB Pelaihari ambil Langkah Layanan Vidio Call

Antisipasi Virus Corona Rutan Kelas IIB Pelaihari ambil Langkah Layanan Vidio Call

Selasa, 24 Maret 2020, 10.40

Tanah Laut  Rumah Tahanan Negara Klas IIB Pelaihari telah menghentikan layanan kunjungan terhitung sejak Senin (23/03/2020) sampai 14 hari ke depan sebagai upaya antisipasi penyebaran COVID-19 di lingkungan rutan. Sebagai gantinya, warga binaan diperbolehkan menghubungi keluarga atau kerabat melalui layanan video call (VC).

Kepala Rutan Klas IIB Pelaihari, Budi Suharto menerangkan penghentian jam kunjungan berdasarkan arahan Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kemenkumham yang tujunanya untuk mengantisipasi penularan virus Corona COVID-19 di Lapas maupun Rutan.

" Dengan kondisi seperti ini, otomatis keluarga warga binaan tidak bisa datang untuk menjenguk. Sehingga sebagai gantinya kita sediakan layanan VC secara bergantian bagi para warga binaan ",ujar Budi Suharto.

"Saya berharap agar warga binaan bisa menggunakan layanan ini sebaik-baiknya, fasilitas yang ada dirawat dan kebersihan dijaga sehingga semua warga binaan bisa merasa nyaman menggunakan layanan," harap Budi Suharto

Rutan Kelas II B Pelaihari telah menyediakan 4 (empat) unit perangkat komputer guna memfasilitasi kunjungan video call ini. Warga Binaan cukup mendaftar kepada petugas layanan yang bertugas dengan menyebutkan nama serta nomor tujuan yang akan dihubungi. Kemudian petugas membantu mengoperasikan komputer untuk menghubungi nomor tujuan kerabat warga binaan.

Menurut Budi Suharto, langkah ini dilakukan agar hak-hak narapidana masih bisa dipenuhi di tengah ancaman penyebaran virus Corona. Kebijakan ini akan diterapkan selama pemerintah memberlakukan masa tanggap darurat Covid-19.(Her)

TerPopuler