Notification

×

Iklan

Iklan

Kebakaran Hutan, Hanguskan Ribuan Pohon Cengkeh Milik Warga di Taliabu

Minggu | 2/23/2020 WIB Last Updated 2020-02-23T10:09:43Z

Taliabu -  Bencana kebakaran hutan kembali terjadi di kecamatan Taliabu Barat Laut, Kabupaten Pulau Taliabu Maluku Utara. Tepatnya diwilayah Desa Beringin Dusun Air sara 23/2.

Menurut salah seorang warga yakni Haj Diperkirakan bahwa kebakaran hutan terjadi pada hari sabtu, 22 februari 2020 sore, pukul 15.00 Wit  kemarin.


 " hingga menyebar kesejumlah kebun diseputaran dusun Air Sara.

Dari sejumlah informasi yang diterima oleh Media ini,  diduga api bermula dari lahan milik salah satu warga yang berinisial LU.

Yang pada saat itu  sedang berada dilahannya untuk melakukan pembakaran batang kayu  yang sudah ditebang sebelumnya, agar bisa ditanami. Namun  adanya hembusan angin yang kencang membuat api semakin cepat menjalar kedalam kebun milik warga lainnya yang berdekatan

"sumber Api di duga dri kebun LU (inisial)saat pembakaran lahan kebun" bebernya.

Belum diketahui pasti kerugian yang terjadi akibat kebakaran tersebut namun sampai saat ini sudah mencapai 1000 pohon lebih tanaman cengkeh hangus dilalap sijago merah, yang terbagi dari beberapa  kebun warga.

 " kebun yang terbakar diantaranya kebun cengkeh milik La Syarifudin Deba, Ilyasi,  Abd. salam, Jafar la jate, La Mbala, La Manda, serta La ode Madisafi" terangnya.

Dari keterangan sumber, Hingga saat ini sejumlah warga masih berusaha untuk melakukan pemadaman, namun api masih saja menyebar kesejumlah titik, karena hanya menggunakan alat seadaanya Sambil menunggu bantuan dari instansi yang terkait agar masalah ini segera bisa diatasi.

"sampai saat ini api masih ada, belum bisa dipadamkan, apalagi hanya pake alat seadanya untuk menyiram api."lanjutnya.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pulau Taliabu yakni Sutomo Teapon saat dikonfirmasi oleh media ini mengatakan dirinya masih terus melakukan pemantauan.

"Masih menunggu laporan dari Tim yg ad di lokasi" ungkapnya. (*)
×
NewsKPK.com Update