Kadinkes Pulau Taliabu, Kuraisia Marsaoly bersama Tim Dinkes dan Pihak PT Adidayah Tangguh saat Foto Bersama Diareal Tambang ADT

Kadinkes Pulau Taliabu, Kuraisia Marsaoly bersama Tim Dinkes dan Pihak PT Adidayah Tangguh saat Foto Bersama Diareal Tambang ADT

Selasa, 11 Februari 2020, 12.50

BOBONG -  Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pulau Taliabu, Kuraisia Marsaoli  memastikan kabupaten pulau Taliabu bebas dari ancaman wabah virus Corona.

Hal ini ditegaskan Kepala Dinas Kesehatan Kuraisia Marasaoly di ruang kerjanya, Senin (10/2) kemarin bahwa sejauh ini Taliabu bebas dari ancaman virus mematikan tersebut. Meski demikian, pihaknya  tetap mengambil  langkah pencegahan dalam bentuk pemeriksaan kesehatan secara berkala kepada para tenaga kerja asing (TKA) di wilayah lingkar tambang di PT. Adidaya Tangguh (ADT).


Selain itu,  sosialisasi kepada masyarakat pun digelar dengan cara membagikan stiker tentang pencegahan virus tersebut, sekaligus membagikan masker gratis kepada masyarakat.
"Langkah pencegahan atas wabah virus Corona tersebut, kami dari Dinkes bersama Disnakertrans, Dinas Perhubungan dan Komisi I DPRD Pulau Taliabu baru-baru ini melaksanakan inspeksi langsung di lapangan untuk melakukan koordinasi dengan pihak perusahaan terkait pencegahan atas virus tersebut,"katanya.


Menurut Kuraisia, langkah dan upaya pencegahan ini dilakukan mengingat Kabupaten Taliabu termasuk Kabupaten yang juga sering dikunjungi oleh tenaga kerja asing (TKA) dari China lewat pintu masuk Luwuk- Taliabu.


"Selanjutya menyangkut kapal yang mengangkut material tambang yang didalamya mengangkut 12 anak buah kapal (ABK), Tim Kesehatan Pelabuhan dari Provinsi mengutus Timnya ke Taliabu dan melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap sejumlah Crew kapal tersebut.

dia memastikan para Crew kapal dari tambang itu tidak turun ke darat meskipun mereka sudah lama bekerja di kapal itu,"terangnya.


Sembari berharap kepada masyarakat agar tidak panik, terutama menyangkut dengan masalah virus Corona .


 "Kami juga saat ini membentuk posko yang tujuannya menerima laporan warga terkait masalah penyakit tersebut. Selain itu dalam waktu dekat Dinkes akan melakukan  simulasi pencegahan virus Corona yang berasal dari gorong-gorong dan buah-buah,"tandasnya,(Jak)

TerPopuler