Notification

×

Iklan

Iklan

Antusias Peserta Aksi Donor Darah PTPN IV-PKS Bah Jambi

Sabtu | 2/29/2020 WIB Last Updated 2020-02-29T02:56:29Z


Simalungun-Sumut. Bhakti Sosial dalam membantu sesama tidak harus berupa materi dan fisik. Didalamnya ada juga berupa donor darah bagi yang membutuh transfusi darah. Hal ini yang dilakukan PTPN IV PKS Bah Jambi Sabtu, 29/2/2020 bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Pematang Siantar.

Kegiatan donor darah yang diikuti oleh karyawan/karyawati Distrik I dan Distrik II, Kebun dan PKS Bah Jambi, serta masyarakat yang berada di sekitar kebun dan PKS Bah Jambi. Aksi donor darah ini dilaksanakan usai kegiatan senam pagi rutin setiap sabtu bertempat di kantor SPBUN Basis Bah Jambi.

Rudi Simatupang selaku Manager PKS Bah Jambi dalam keterangannya kepada reporter Newskpk.com mengatakan, "Donor darah merupakan upaya seseorang dalam memberikan sejumlah darahnya yang ditranfusikan kepada orang lain. Sayangnya, banyak orang takut donor darah dengan beragam alasan, mulai dari takut jarum suntik hingga takut darahnya habis. Padahal, manfaat donor darah bagi pendonor itu banyak, diantaranya menurunkan risiko terkena penyakit jantung dan pembuluh darah. Bahkan donor darah yang dilakukan secara teratur diketahui dapat menurunkan kekentalan darah", terang Rudi.
"Kekentalan darah merupakan salah satu faktor yang berperan dalam meningkatkan risiko terkena penyakit jantung. Semakin kental darah yang mengalir dalam tubuh, semakin tinggi pula kemungkinan terjadinya gesekan antara darah dan pembuluh darah. Gesekan yang terjadi pada pembuluh darah ini dapat merusak sel-sel dinding pembuluh darah yang selanjutnya dapat meningkatkan risiko terjadinya sumbatan pembuluh darah. Oleh sebab itu manfaat donor darah bagi pendonor bisa membantu menurunkan risiko terkena penyakit jantung dan pembuluh darah.
Sebuah penelitian menunjukkan manfaat donor darah terhadap penyakit jantung. Dari penelitian tersebut diketahui bahwa orang yang rutin melakukan donor darah memiliki kemungkinan terkena penyakit jantung 88% lebih rendah daripada mereka yang tidak melakukan donor darah. Melalui donor darah, kadar zat besi dalam tubuh dapat menjadi lebih stabil dan menurunkan risiko terkena penyakit jantung dan pembuluh darah", tutup Manager yang di kenal ramah itu.

Kegiatan aksi donor darah ini berlangsung dengan lancar dan tertib, walau di ikuti oleh seratusan peserta pendonor. (RU/Tim)
×
NewsKPK.com Update