Notification

×

Iklan

Iklan

Tari Saman-Bines Persahabatan Sekaligus Serah Terima SK Hutan Adat Gampong Bunin

Selasa | 1/28/2020 WIB Last Updated 2020-01-28T08:24:23Z
Aceh Timur - Menjadi sebuah tradisi adat istiadat bagi suku gayo lokop serbajadi  mengadakan jamuan saman antar dua kabupaten Aceh timur dan Gayo Lues mengadakan rangkain pestifal tarian saman di gampong bunin kecamatan serbajadi aceh timur.

jamuan tari saman ini bertujuan memper erat jalinan silaturrahmi serta persaudaraan antara sesama suku gayo gampong bunin kecamatan serbajadi kabupaten aceh timur dan kampung gumpang kecamatan putri betung kabupaten gayo lues yang menjadikan sebuah tradisi leluhur dari nenek monyak mereka dan dari jaman dahulu hingga sekarang tari saman terus di galakan di tengah-tengah masyarakat gayo hingga ke manca negara.

Turut hadir dalam acara saman persahabatan tersebut, Bupati Aceh timur H.Hasballah,HM.tahib(Roki) ketua DPRK kabupaten aceh timur Tgk muhammad daud (abi pante) camat serbajadi Syahdannur S.ip M.ap.
Danpos ramil lokop Serka hayat, kapolsek peunaron Iptu justin tarigan SH. Danpospol lokop Damanik IPDA MH.
Serta dari lembaga kementrian bapak Badrul sekertaris  The asia pondation HK. jakarta, guna menyerahkan SK Hutan Adat desa bunin yang di serahterimakan langsung oleh bapak ketua DPRK  kabupaten aceh timur sekaligus membuka rangkaian acara jamuan saman /bines antara desa bunin dengan desa putri betong yang berlangsung seru pada 27 s/d 28 januari 2020 di balai pertemuan rumah adat  gampong bunin kecamatan serbajadi.

Dalam sambutan hangat ketua DPRK  aceh timur tgk.M.daud menyampaikan agar perlunya ekositensi serta peran aktif seluruh muspika kecamatan serbajadi agar menggalakan pola cocok tanam di segala bidang baik kopi,p coklat ,palawija dll.guna membentuk prekonomian masyarakat yang lebih berkembang pesat di daerah tersebut,maka dengan penyerahan SK hutan adat ini, desa bunin menjadi sebuah desa yang mandiri dan tentunya  kedepan dapat menjadi desa binaan pungkas tgk M.daut. (said).
×
NewsKPK.com Update