Notification

×

Iklan

Iklan

Saiful Ahmad Terpilih Untuk Menahkodai Organisasi Profesi Para Sarjana Ilmu Politik

Sabtu | 1/11/2020 WIB Last Updated 2020-01-11T11:29:55Z
TERNATE -Dosen Pascarjana Universitas Muhammadiyah Maluku Utara. Dr.Saiful Ahmad, M.Si terpilih untuk menahkodai organisasi Profesi para Sarjana Ilmu Politik.

Organisasi yang dimaksud adalah Asosiasi Ilmu Politik Indonesia (AIPI) Perwakilan Provinsi Maluku Utara, periode 2020-2023. Saiful terpilih secara aklamasi sebagai Ketua AIPI dalam melalui musyawarah yang digelar di Aula Gedung Rektorat UMMUTernate, Sabtu (11/01/20).

Musyawarah pertama AIPI Maluku Utara yang digelar itu, dipimpin oleh Abdul Malik Silia, S.IP dan Irdam Naibu,S.IP sebagai pimpinan sidang yang dihadiri puluhan peserta merupakan Alumni Ilmu dan Sarjana Politik dan para Dosen berlangsung alot dan terbilang sangat cepat.

Sebelumnya empat nama bakal calon kandidat yang diusung panitia seleksi yakni, Irmon Machmud,S.IP., M.A, Abdul Aziz Marsaoly, S.IP., M.Si dan Tamin Hi. Ilan Abanu, S.IP., M.AP, serta Dr. Saiful Ahmad, M.Si. namun tiga dari empat nama itu belum berkesempatai menghadiri musyawarah itu.

Abdul Malik Silia, S.IP yang juga Anggota DPRD Provinsi Maluku Utara selaku pimpinan sidang kemudian memberikan kesempatan nama lain untuk mencalonkan diri, alhasil tiga nama calon kandidat yang diusuljan para peserta musyawarah, yakni Dr. Muhlis Hafel, M.Si, Agus Mawanda, S.IP, M.Pol dan Dr.Saiful Ahmad, M.Si untuk berkompotisi, lagi-lagi Dr. Muhlis Hafel, M.Si, Agus Mawanda, S.IP, M.Pol belum besedia untuk melanjutkan kesempatan emas itu, sehingga secara aklamasih Dr. Saiful Ahmad, M.Si mendapat kesempatan menahkodai AIPI Malut.

Saat diwawancarai, Ketua terpilih Dr. Saiful Ahmad, M.Si menyampikan ucapan terimakasih kepada semua peserta musyawarah yang memberikan kepercayaan kepada dirinya menjadi ketua terpilih. Ia menyampaikan bahwa Asosiasi Ilmu Politik baru terbentuk itu merupakan wadah yang terbilang seksi terkait dengan proses dinamikan politik di Maluku Utara.

“ Semua teman-teman sarjana Ilmu Politik, kita harap berpartisipasi melalui wadah ini, disinilah menjadi tempat curah gagasan, berdiskusi atau sharing opini terkait dinamika politik terkini, agar kita tidak tertinggal dengan daerah lain yang memang sudah terkesan baik dari sisi angka penilaian demokrasinya,” Ucap Saiful.

Saiful juga menambahkan, kita ingin mengembangkan wadah ini agar bisa mimicu teman-teman terutama sarjana Ilmu Politik untuk betul-betul memahami dan mengkombinasikan politik praktis satu sisi dan mengapilikasikan teori konsep disisi laun untuk pengembangan dunia politik secara baik dan benar.

“Saya berharap ini kombinasi pengurus yang memiliki talenta yang bagus, jadi ada alumi Ilmu Politik dari dan diluar Maluku Utara, misalnya UI, UNHAS, UGM, Pajajaran, dan Samratulangi maupun Patimura, itu akan kita himpun semua dalam kepengurusan ini, agar wadah ini menjadi baik kedepan,” Kata Ketua terpilih itu.

Sementara itu Pengamat Politik yang juga sebagai Dosen Senyor Ilmu Politik Dr. Muhlis Hafel, M.SI. menyampikan, Asosiasi Ilmu Politik Indonesia (AIPI) Maluku Utara ini, bisa memberikan pencerahan terhadap kondisi politik di Maluku Utara, dimana kondisi politik Maluku Uatara sendiri pernah tercoreng secara nasional beberaoa waktu lalu yang dikenal dengan politik yang selalu memicu keributan.

Ia berharap, Asosiasi ini sebagai salah satu wadah untuk memberikan pencerahan dan memberikan pembelajaran bagi masyarakat Maluku Utara. Politik itu tidak harus selalu konfik yang diidentik dengan berdarah-darah, namun konflik yang dimaksudkan adalah dalam koteks berpendapat, karena itu, Politik adalah sebuah seni, politik juga sebuah kebaikan, politik sebuah kekuasaan yang menciptkan kebaikan.

“Kekuasaan itu dibentuk, dicari, dipilih demi sebuah kebaikan, mungkin forum ini akan memberikan pencerahan pertama bagai masyarakat di Maluku Utara. Kita harap para alumni agar lebih memberikan peran, karena banyak lembaga-lembaga politik yang belum diisi oleh teman-teman alumni politik,” Ujar Dosen Ilmu Politik UT Ternate.

Reporter : jak
×
NewsKPK.com Update