Notification

×

Iklan

Iklan

Antisipasi Virus Corona, Dinkes Kepsul Bentuk Posko Bersama

Jumat | 1/31/2020 WIB Last Updated 2020-01-31T03:56:39Z
Sanana - Pemerintah Daerah (Pemda) Melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) Sebagai langkah awal antisipasi masuknya virus Corona di Kepsul, maka dinkes mendirikan dua posko bersama.

Kepala Dinas Kesehatan Kepulauan Sula (Kepsul) Irfan Pora, mengatakan bahwa posko yang di dirikan yakni di Pelabuhan laut Sanana, Bendara Emalamo Sanana, untuk melakukan deteksi, pencegahan, respon dan antisipasi munculnya virus corona, sehingga kami dari dinas terkait mendirikan posko tersebut.

"Dua posko bersama yang di dirikan pukul 15.16 (Wit) untuk memantau masuknya virus corona di kepulauan Sula"
“Untuk  mendirikan dua posko ini adalah merupakan hasil dari rapat kordinasi bersama lintas sektor pada rabuh kemarin, sehingga posko tersebut di dirikan. terkait kesiapsiagaan penyebaran Virus Corona, untuk melakukan deteksi di pintu masuk ,” tegasnya, Kamis (30/01/2020).

Dikatakan, jika nantinya ditemukan kasus dugaan virus corona tersebut, maka agar dilakukan tatalaksana, isolasi dan segera dilaporkan secara berjenjang sesuai dengan sistem surveilans kesehatan yang berlaku di Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) untuk diteruskan di Dinas Kesehatan Provinsi Maluku Utara (Malut) dan Ditjen P2P Kemenkes.

“Langkah antisipasinya sudah kami lakukan dan jika adanya temuan, maka akan segera dilakukan sesuai dengan mekanisme yang ada,” ucapnya

Seperti itu dirinya menghimbau kepada masyarakat Kepulauan Sula (Kepsul) untuk menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungannya.

Ketika ada temuan deteksi virus corana dirinya meminta kepada penjagaan posko bersama untuk segera melapor ke pihak terkait jika ada temuan atau hal-hal yang mencurigakan terkait hal tersebut.

“Yang penting kita mawas diri dan jaga kesehatan serta segera laporkan jika ada temuan kasus tersebut di lapangan,” tandasnya.

Kegiatan tersebut di hadiri oleh Instansi terkait dalam pertemuan Rakor kesiapasiagaan pencegahan  penyebaran Virus Corona yaitu Dinkes Kepsul, RSUD Sananan, KKP wilker Sanana, otoritas Pelabuhan dan Bandara Sanana, " bebernya..***(Is/Km)
×
NewsKPK.com Update