Warga Tanjung sari butuh sentuhan PDAM Bobong

Warga Tanjung sari butuh sentuhan PDAM Bobong

Kamis, 12 Desember 2019, 08.29
BOBONG - Warga Dusun Tanjung Sari Desa Wayo kecamatan Taliabu Barat Kabupaten Pulau Taliabu belum secara keseluruhan mendapatkan sentuhan PDAM, selama PDAM Bobong di resmikan.

Padahal, eksistensi PDAM di ibukota pulau Taliabu adalah untuk melakukan pelayanan Air Bersih bagi warga ibu kota Bobong, termasuk warga dusun tanjung sari.


Akibat dari kurangnya perhatian PDAM terhadap warga tanjung Sari, warga terpaksa bertahan dengan saluran air secara manual yang notabene adalah swadaya masyarakat.

namun hal itu tidak serta merta dapat menjawab kebutuhan warga setempat lantaran air tersebut tidak dapat berjalan maksimal sehingga terkadang warga mengalami kesulitan air bersih.


amatan media ini, kamis 12/12/19 ,pertumbuhan penduduk tanjung sari beberapa tahun ini cukup signifikan, hal ini dilihat dari penambahan rumah - rumah penduduk yang dapat dikata sangat meningkat sehingga kondisi ini sangat berpengaruh terhadap kebutuhan air bersih.


Sahrul, warga setempat mengaku ketersediaan air bersih di dusun tanjung sari sangat tidak maksimal sehingga diperlukan pelayanan PDAM, ia bahkan berkesimpulan bahwa  kepala PDAM Bobong lemah dalam melakukan pelayanan air bersih di ibu kota Bobong.


" warga tanjung sari ini sudah ada dan sudah mengalami kesusahan air bersih sebelum PDAM di resmikan. Masa sih sampai hari ini, hampir lima tahun ini kami yang berdomisili di tanjung sari belum teraliri Air bersih dari PDAM..? Sebenarnya PDAM ini bekerja apa tidak.." kesal sahrul


Sementara itu, Kepala PDAM Bobong, Surahman Lahamadi belum lama ini mengatakan alasannya kenapa belum mengaliri air bersih PDAM di wilayah tanjung sari desa Wayo, menurutnya PDAM belum memiliki anggaran untuk pengadaan pipa, sementara anggaran untuk pengadaan pipa yang di ajukan PDAM ke pemerintah daerah pulau taliabu, tidak dianulir sehingga ia tidak dapat memastikan kapan bisa memasukan pipa air bersih milik PDAM untuk warga tanjung sari.


" sebenarnya anggarannya yang belum ada, sehingga kita belum bisa beli pipa untuk aliri air bersih ditanjung sari, karena anggaran untuk itu yang kita ajukan ke pemda juga tahun ini belum dapat" katanya.


Tidak hanya itu, janji kepala PDAM Bobong untuk mengaliri Air bersih tahun 2019 di enam desa kecamatan taliabu barat laut , seperti desa beringin jaya, desa limbo, desa lohok buba, desa salati, desa nggele dan desa onemay juga gagal, sebab proyek Air bersih yang bersumber dari APBN untuk wilayah enam desa tersebut belum selesai dan belum diresmikan sesuai yang dijanjikan kepala PDAM Bobong awal tahun 2019 lalu kepada sejumlah awak media. (Rjk)

TerPopuler