Notification

×

Iklan

Iklan

Bupati Batu Bara Zahir, Resmikan Warisan Dunia Bersama 1000 anggota Pramuka

Minggu | 12/08/2019 WIB Last Updated 2019-12-08T07:47:51Z
Batu Batu - Sumut --Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir M. Ap didampingi ketua tim penggerak PKK
NY. Maya Indriasari, SE meresmikan warisan dunia bersama 1000 orang Pramuka di danau laut tador Minggu (8/12/2019).

Didampingi DR. Fhill Ikhwan Azhari yang juga seorang sejarahwan, ketua kwarcab pramuka Batu Bara  Ishak S.Pd,  Bupati Batu Bara Zahir menjelaskan salah satu warisan dunia yang hidup di danau laut tador, " kita jadikan Hutan Raya Etno Botani Batu  Bara . 

Karenanya daerah penyanggah laut tador kita hidupkan sejumlah tanaman Etno Botani  Batu Bara  disamping pemeliharaan pohon- pohon kayu yang hidup dan berumur ratusan tahun.  Hari ini juga kata Zahir restorasi danau laut tador kita mulai dan bumi perkemahan yang kita jadikan sebagai pusat kajian dan penelitian Etno Botani , perikanan dan tanaman langkah kita jadikan tempat bumi perkemahan pramuka di Kabupaten Batu  Bara .

Kehadiran Zahir bersama Maya Indriasari dan ikut Putra- Putri nya Danis dan Nabila mendapat tepuk- tepuk pramuka dan dinyanyiakan lagu selamat datang yang diawali dengan pengguntingan pita dan diakhiri dengan tanaman tumbuh-tumbuhan sebagai bumi perkemahan pramuka di batu bara dan menanam sejumlah pohon sebagai kawasan yang harus di lindungi. 

Sementara itu Andi Lestari SKG selaku anggota DPRD Batu Bara memberi dukungan penuh kepada rencana Bupati  Batu  Bara  Ir. H. Zahir M. Ap atas diresmikannya kebun raya Etno Botani batu bara,  Andi menegaskan bahwa hampir 3 bulan para ilmuwan sejarah dari unimed bersama Dr. Ikhwan Azhari  melakukan kajian dan penelitian dan telah dihadiri oleh NY. MARGARET warga negara Inggris ikut meninjau danau laut tador.

Menurut Andi bupati batu bara dapat mengeluarkan peraturan bupati untuk melindungi cagar alam laut tador sesuai dengan undang- undang no. 5 tahun 1990 tentang lingkungan hidup dan peraturan pemerintah no. 68 tahun 1998 tentang kawasan swaka alam dan kawasan pelestarian alam yang mempunyai ke khasan satwa, ekosistem, yang perlu dilindungi. Bahkan Andi lestari memandang di perlukannya sebuah lembaga khusu untuk mengelolah kawasan cagar alam ini sebagai salah satu warisan dunia.

Hadir di dalam acara peresmian camat laut tador Arif Hanafiah, camat air putih Riyadi, camat sungai suka Aidil,  ketua TBUPP Saiful safri, kabid parawisata Ronal dan sejumlah unsur pimpinan cabang pramuka sekabupaten Batu Bara.
(RH766)
×
NewsKPK.com Update