Notification

×

Iklan

Iklan

Pelantikan Suku Batak Bersatu, Bupati Zahir Ucapkan Hari Ini Saya jadi orang Batak, Orang Batak tidak pernah Demo

Sabtu | 11/30/2019 WIB Last Updated 2019-11-30T15:25:56Z
Batu Bara --  Sumut --Ribuan etnis batak ramaikan lapangan bola kaki Indrapura, meriahkan pelantikan Suku Batak Bersatu Batu Bara.

dalam setiap pemilihan masyarakat terpecah pecah oleh agenda demokrasi politik, tapi itu sudah berakhir, baik pilpres, pileg, dan terakhir pilkades, hilangkan perpecahan itu.

“Hari ini saya menjadi orang Batak, jadi jangan ada orang Batak yang demo ke kantor Bupati, Alhamdulillah sampai sekarang dan seterusnya belum ada orang Batak yang Demo,” gurau Zahir dengan dialeg khas batak.

Demikian disampikan Bupati Batu Bara Zahir dalam pelantikan Suku Batak Batubara Bersatu ( SB4 ) di Lapangan Indrasakti Indrapura , Sabtu (30/11).

“Hari ini kita menyaksikan suku batak bersatu, kedepan mungkin ada melayu , padang atau jawa bersatu. Itulah cerminan sila ke3 pancasila Persatuan Indonesia, kita berharap SB4 dapat memberikan sumbangan pemikiran untuk kemajuan Kabupaten. Batu Bara,” kata Zahir.

Kapolres AKBP Robinson Simatupang. SH.Mhum mengatakan ,bicara Batak tidak terlepas dari asal mula suku Batak di Sianjur Mula mula, Pusuk Buhit.

“Tersebarnya bangsa batak di pesisir ini dahulunya berasal dari Porsea, yang berdagang di Pesisir lalu melakukan asimilasi melalui proses perkawinan,” kata Simatupang.

“Suku Batak ini unik, orang batak ini pamuka huta dimulai dari satu orang kemudian membuka perkampungan. Salah satu suku yang punya aksara adalah suku batak, maka SB4 perlu melestarikan aksara ini, sehingga generasi selanjutnya dapat mengenalnya,” kata Robin.

Suku batak bersatu dapat berkontribusi dalam pembangunan. Kita mulai persatuan ini dari Batubara dan berharap akan diikuti di kabupaten lainnya.

SB4 Batubara dapat mengajak suku Batak lainnnya didaerah lain meski berbeda agama. Jika batak bersatu bisa goyang, bisa takut negara lain, karena orang batak itu perantau, pembuka wilayah.

SB4 harus bisa mejadi garda terdepan dalam pembangunan, mengawal pembangunan, berikan keleluasaan ,berikan kesempatan.

“Jangan sikit sikit diganggu sehingga terganggu konsentrasi bekerja terganggu,” kata Robin.

Ketua SB4 Jhon Frangki Hasibuan, “saya selaku ketua terpilih mengucapkan terimakasih, kepada Bupati, Kapolres dan seluruh hadirin.”

Tugas yang dipercayakan dikatakannya tidak ringan, tapi dia meyakini seluruh pengurus pasti aktif ùntuk menjalankannya, sehingga meringankan.

“Tujuan dibentuknya SB4 mengacu kepada sila 1 Ketuhanan YME dapat menjadi tuntunan masyarakat yang berketuhanan beradat dan berbudaya,” kata Hasibuan.

Hadir dalam kesempatan itu Kapolres Batubara AKBP Robin Simatupang, Ketua SB4 Jhon Franki Hasibuan, Ketua DPRD M Syafii Anggota DPD RI Williem Simarmata , para undangan dan ratusan massa SB4 dari seluruh kecamatan.

Pada kesempatan yang sama Bupati Zahir menyerahkan 12 bendera Pataka untuk dikibarkan di 12 Kecamatan se Kabupaten Batu Bara.

Rahmat Hidayat.
×
NewsKPK.com Update