Notification

×

Iklan

Iklan

PKM Perawatan Padang Guci Gelar Vrivikasi STBM Desa Gunung Agung.

Kamis | 9/12/2019 WIB Last Updated 2019-09-11T23:04:41Z
Kaur,Bengkulu, Newkpk.com - Dalam meningkatkan Pola hidup masyarakat sehat, Puskesmas (PKM) Perawatan Padang Guci melakukan vrivikasi Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Desa Gunung Agung,Kecamatan Kaur utara, Kabupaten kaur.Yang memang merupakan wilayah PKM Perawatan Padang Guci.Dari hasil vrivikasi Desa tersebut layak menyandang gelar Desa Open Defcation Free (ODF) Selasa, 11/09/2019.


Open Defcation Free (ODF)  adalah Setiap individu tidak buang air besar sembarangan, pembuangan tinja maupun urin harus pada tempatnya. Sehingga warga 100% tidak buang air besar sembarangan (BABS).

Acara ini di buka lansung oleh kepala puskesmas (Kapus) Perawatan Padang Guci   Gusmidian Syah, Skm. Dan dihadiri oleh kepala desa setempat dan tokoh masyarakat serta sejumlah kader kesehatan yang ada di wilayah PKM Perawatan Padang Guci.


Dalam sambutanya Gusmidian Syah, Skm Menyampaikan ucapan terimaksih kepada masyarakat dan unsur pemerintah desa yang  tergabung dalam kerjasama lintas sektor demi mendukung program STBM sehingga Desa Gunung Agung dinyatakan Desa ODF.


" Kita sangat berterimakasih kepada masyarakat telah menyadari betapa pentingnya hidup sehat, dengan menerapkan pola hidup sehat melalui STBM, dan tentunya   ini semua tak lepas dari peran serta dukungan yang tergabung dalam kerjasama  lintas sektor.guna mewujudkan kaur sehat 2030. Terkhusus ke pada kepala desa kita sangat banyak mengucapkan terimakasih.
Dari hasil vrivikasi STBM Desa Gunung Agung, hasilnya Desa Gunung Agung Saya nyatakan Desa ODF artinya masyarakatnya sudah 100% Tidak BABS."ucapnya dengan lantang saat memberikan sambutan dalam acara tersebut.

Gusmidian Syah, Skm.  Juga mengharapkan dengan ditetapkanya Desa Gunung Agung menjadi desa ODF dalam Program STBM, Agar kiranya bisa memotivasi Desa yang belum ODF, khususnya di wilayah PKM Perawatan Padang Guci.


"Dalam kesempatan ini saya sangat mengharapkan setelah ditetapkannya Desa Gunung Agung menjadi Desa ODF, Supaya kiranya Desa yang lain termotivasi sehingga nanti bisa menjadi Desa ODF,Khususnya Desa yang berada di wilayah PKM Perawatan  Padang Guci. Mengingat Kondisi Masyarakat yang telah BAB di jamban sehat, mencapai perubahan perilaku kolektif terkait Pilar 1 dari 5 pilar STBM. Dalam waktu dekat kita akan terus memvrivikasi desa yang sudah memenuhi syarat Desa ODF, Setidaknya ada 1 Desa 2 RT diantaranya Desa Tanjung Betung dan RT 6,RT 2 dari kelurahan Simpang Tiga." Demikian tutupnya [ SUMANTRI.]
×
NewsKPK.com Update