Pemuda Gane Meminta Pemda Provinsi dan Pemkab Halsel Seriusi Penanganan Korban Gempa

Pemuda Gane Meminta Pemda Provinsi dan Pemkab Halsel Seriusi Penanganan Korban Gempa

Minggu, 08 September 2019, 21.07
TERNATE - Pemuda dan Mahasiswa Kecamatan Gane Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) menganggap Pemerintah Provinsi Malut (Pemprov) dan Pemerintah Kabupaten (pemkab) harus seriusi situasi Halsel khususnya Kecamatan Gane pasca gempa yang meluluh lantakkan Kecamatan Gane dan Kecamatan Bacan Timur Tengah Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel).

Ketua HPMA Gane Muhajrin, di dampingi pemuda gane di Warkop Soccer saat jumpa press mengatakan, kepada pemerintah provinsi dan pemkab halsel harus seriusi terkait dengan bencana yang melanda di halsel beberapa waktu lalu, yang sampai saat ini tidak memperhatikannya, kenapa tidak, hingga saat ini masyarakat yang menjadi korban gempa bumi 7,2 SR itu hingga saat ini belum juga di perhatikan, dari pemda provinsi maupun pemkab halsel. “Kami harus menyampaikan terkait dengan bencana alam. Bahwa hingga sa’at ini tidak ada tahapan bantuan lanjutan dari pihak Pemerintah Daerah maupun Pusat”. Katanya.

Lanjut dia, Pasca gempa 7,2 SR. Yang terjadi di Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel), Maluku Utara pada Minggu 14 Juli 2019. Sudah tidak ada lagi perhatian khusus dari Pemerintah Pusat maupun keseriusan Pemerintah Daerah dalam hal ini Provinsi serta Kabupaten. “sudah hampir 2 bulan kondisi terkini belum ada langka taktis bantuan khusus maupun permanen dari Pemerintah Pusat dan Daerah, yakni pembangunan rumah bagi masyarakat Gane yang mayoritas korban bencana alam” jelasnya.

Menurt dia, data yang di kantongi, dari dampak bencana alam, telah memakan korban 14 orang meninggal dunia, 129 luka ringan hingga berat, 2.779 rumah mengalami kerusakan, dan 135 fasilitas yang rusak. Yang terdiri dari sekolah, puskesmas, hingga tempat ibadah. Hal tersebut juga berdampak pada antusias masyarakat yakni 41.000 masyarakat yang sampai saat ini masih dalam pengungsian. Dampak ini terjadi dari segala lini, yakni dari sisi kesehatan, pendidikan, serta ekonomi.

Sementara itu, informasi yang di dapatkan, bantuan kepada masyarakat Gane hingga kini masi bersifat sementara. “Kami minta Pemerintah pusat dan pemerintah daerah harus segera merealisasikan bantuan fisik terhadap masyarakat Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel), terkhususnya masyarakat Gane” jelas lagi. (savi)

TerPopuler