HEADLINE NEWS

Peningkatan Pembangunan Bandara D.C Saudale Rote menghabiskan Anggaran Senilai Ratusan Miliar

ROTE NDAO - Proses pembangunan dan Peningkatan  Fasilitas di Bandara D.C Saudale Rote tahun demi tahun kian  meningkat  di sebabkan adanya perhatian khusus dari Pemerintah Pusat Melalui Kementrian Perhubungan bahkan sudah digunakan untuk melayani penumpang secara baik

Bandara DC Saudale yang berada di Kabupaten Rote Ndao, sebagai daerah paling selatan dari wilayah Indonesia, fasilitas transportasi di Rote harus berjalan baik ,dan untuk tahun ini 2019 ,Bandara DC Saudale sementara sudah mendapatkan dua paket Pekerjaan  pembangunan yaitu  saluran terbuka dan akses jalan lingkungan Bandara , guna peningkatan Pembangunan Bandara DC Saudale demikian di sampaikan Kabandara DC Saudale Rote,Samuel B Charles Malaikosa,Kepada Wartawan Belum lama ini.

Untuk Tahun Anggaran (TA) 2019 ini ,adapun pekerjaan yang bersumber dari dana APBN dilaksanakan oleh CV Cannaya construksi dengan total nilai  pagu dana sebesar  1.076.424.942 dan juga  peningkatan jalan akses lingkungan bandara  yang di kerjakan oleh  CV.Fajar Karya total nilai Anggaran sebesar 1.723.592.556 dan kedua item pekerjaan tersebut sementara berjalan ujar Malaikosa.

lanjut kata dia masih ada kemungkinan lagi Tahun 2019 ini  Bandara DC Saudale mendapatkan tambahan dana peningkatan Fasilitas  Pembangunan namun sampai  saat ini masih sementara dalam proses tender ungkapnya.

Untuk di ketahui berdasarkan hasil investigasi media  Semenjak Tahun 2014 Bandara Desi Saudale yang sebelumnya bernama Bandara Lekunik yang terletak di Desa Lekunik,Kecamatan Lobalain,Kabupaten Rote Ndao, pergantian nama tersebut berdasarkan Surat Keputusan Menteri Perhubungan Nomor: KP.111 Tahun 2010.

dan saat ini sudah mendapatkan Ratusan Miliar kucuran dana dari Pemerintah Pusat dalam hal ini kementrian perhubungan.

Pada empat tahun sebelumnya pagu anggaran bandara ini telah menghabiskan lebih kurang Rp 190 Miliar Adapun rinciannya Rp 47,46 miliar di 2015), Rp 30,25 M , di 2016 dan Rp 27,83 di 2017. sedangkan pada tahun 2018 senilai 49.16 Miliar belum termasuk total dana Tahun 2019.

Guna mendukung pengembangan bandara D.C. Saudale juga pada  tahun 2018  Kementrian Perhubungan telah menganggarkan biaya sebesar Rp 49,16 miliar, yang di pergunakan untuk kegiatan pembangunan  Pelapisan Runway Termasuk Turning Area dalam rangka peningkatan PCN dengan Aspal Concrete Tebal 7,5 centimeter.

serta Pemenuhan Standar Runway Strip Area Perpanjangan Landas Pacu, Pekerjaan Interior Gedung Terminal Pembuatan Drainase Terbuka Pasangan Batu Kali dan Tembok Penahan Tanah Areal Gedung Kantor Administrasi Baru.

Serta untuk Pembangunan gedung operasional Type 54 (1 Unit), Type 45 (2 unit) dan Type 36 (5 Unit), Peningkatan Jalan Lingkungan dan lain sebagainya.(AL)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *