HEADLINE NEWS

Gempa Bumi 7,2 SR Warga Malut Panik Berhamburan Keluar Rumah

TERNATE - Gempa bumi bermagnitudo (M) 7,2 terjadi di Labuha, Bacan Halmahera Selatan, Maluku Utara, dengan pusat gempa yang terletak di laut dengan jarak 62 kilometer Timur Labuha, Minggu Sore (14/7/2019).

“Gempa M 7,2 pukul 16.10 WIB,” demikian pernyataan resmi Badan Meteorologi, Geofisika dan Klimatologi (BMKG) dipantau dari Jakarta. Gempa ini terjadi di kedalaman 10 kilometer dengan titik koordinat gempa 0.59 Lintang Selatan dan 128.06 Bujur Timur. Gempa dirasakan di Labuha dengan parameter Modified Mercalli Intensity (MMI) II”” yang berarti getarannya cukup kuat. Belum diketahui ada atau tidak kerusakan akibat gempa ini.

Namun gempa sempat membuat warga di Pulau Bacan panik dan berhamburan ke luar rumah atau bangunan. Namun demikian BMKG juga melaporkan gempa yang dirasakan juga di kota Ternate tidak berpotensi tsunami.

Diketahui, pasca gempa yang terjadi pada pukul 18:28:39 Wit. Masyarakat sekitar pantai ataupun yang terdekat untuk saat ini masih mengungsi ke tempat ketinggian dan personil polsek menghimbau untuk tidak panik sambil menunggu informasi lebih lanjut dari BMKG.

Untuk kerusakan akibat gempa di wilayah halmahera pada umumnya dan khususnya Wilayah Hukum  Polsek Gane Barat, Kabupaten Halmahera Selatan terdapat beberapa kerusakan diantaranya Rumah Dinas Kapolsek (Dinding Asrama Bagian Depan Roboh) serta beberapa kediaman masyarakat. Untuk saat ini personel polsek gane barat melaksanakan patroli dan menghimbau kepada masyarakat untuk tidak panik. Situasi sampai saat ini untuk wilayah Gane Barat, masyarakat masih mengungsi di tempat ketinggian menunggu informasi lebih lanjut dari BMKG Labuha. (savi)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *