Notification

×

Iklan

Iklan

Pemkab Nias Selatan Adakan Pelatihan Pemandu Wisata Alam Balawisata

Rabu | 6/26/2019 WIB Last Updated 2019-06-26T07:28:41Z
NIAS SELATAN - Pemerintah Daerah Kabupaten Nias Selatan melalui Dinas Kebudayaan Pariwisata dan Pemuda Olah Raga (Disbudparpora) menyelenggarakan Pelatihan kepada Pemandu Wisata Alam Balawisata (Life Guard) khususnya daerah – daerah yang berkategori pantai, di Aula Hotel Yonas Teluk Dalam, Selasa (25/06).

Kepala Bidang Kebudayaan Disbudparpora Beatrik Wau, SS., sebagai Ketua Panitia mengatakan pelaksanaan pelatihan tersebut merupakan kelanjutan dari kegiatan yang sudah terlaksana sebelumnya yaitu Pelatihan Pemandu Wisata Budaya pada tanggal 23 - 25 Mei 2019. "Kegiatan hari ini yakni Pelatihan Pemandu Wisata Alam Balawisata (Life Guard), dan direncanakan berlangsung selama Tiga Hari mulai Tanggal 25 - 27 Juni 2019," ujar Beatrik Wau. 

Ia menjelaskan tujuan pelatihan itu untuk meningkatkan pemahaman, keterampilan, pengetahuan yang benar untuk melakukan penyelamatan di pantai (Life Guard) dalam meminimalisir resiko kecelakaan pengunjung/wisatawan dan peselancar, apalagi dalam menyongsong event  besar yang akan dilaksanakan yaitu Nias Pro 2019 dan Sail Nias 2019.

Pelatihan Pemandu Wisata Alam Balawisata (Life Guard) ini dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata dan Pemuda Olahraga, Anggreani Dachi, SP., M.Si. Dalam sambutannya menyampaikan bahwa Kabupaten Nias Selatan mempunyai pengembangan Pariwisata, salah satunya potensi wisata bahari yang menarik perhatian pengunjung yang hendak berwisata.

"Pantai di Nias Selatan miliki potensi cukup bagus. Sehingga dengan adanya pantai sebagai tempat kunjungan wisata, maka sangat diperlukan ada jaminan keamanan pantai. Oleh karena itu melalui pelatihan ini diharapkan dapat mengurangi tingkat kecelakaan di pantai," ungkap Anggreani Dachi.

Untuk memaksimalkan pelaksanaan pelatihan tersebut, Kadis Budparpora Kabupaten Nias Selatan mengharapkan para peserta dapat menyerap berbagai materi yang disajikan oleh narasumber. "Kita sebagai daerah pengembangan wisata perlu belajar dengan Provinsi Bali yang menyiapkan Balawisata dan memberikan kenyamanan bagi wisatawan bahari”, tandasnya.

Dinas Kebudayaan Pariwisata dan Pemuda Olahraga mendatangkan Narasumber yang ahli dalam bidangnya yakni dari organisasi Balawisata Badung Bali yang sudah berpengalaman bagaimana memberikan kenyamanan bagi para wisatawan di pantai.

Peserta pelatihan berasal dari daerah yang memiliki objek wisata pantai yang umumnya ramai dikunjungi seperti Pantai Sorake dan Pantai Lagundri Kecamatan Luahagundre, Pantai Rock star Kecamatan Toma, Pantai Ladeha Kecamatan Amandraya, Pantai Moale Kecamatan Oou dan beberapa dari Kepulauan Batu. (*)
×
NewsKPK.com Update