Notification

×

Iklan

Iklan

Di Padang Jemaah Naqsabandiyah Sudah Puasa Hari Ini

Sabtu | 5/04/2019 WIB Last Updated 2019-05-04T10:17:09Z
Sumbar - Ratusan jemaah Naqsabandiyah di Padang, Sumatera Barat mulai melaksanakan ibadah puasa Ramadan 1440 Hijriah pada Sabtu (4/5). Sebelumnya pada Jumat (3/5) malam para jemaah sudah melaksanakan salat tarawih.

Mursyid jemaah tarekat Naqsabandiyah Surau Baitul Makmur, Syafri Malin Mudo mengatakan perhitungan 1 Ramadan 1440 Hijriah dilakukan dengan melihat bulan sejak bulan Rajab dan Sya'ban.

"Kami menggunakan metode hisab Munjid, dasarnya sejak tahun 16 Hijriah, jadi pada malam ke-8, ke-15 dan ke-22 bulan Rajab kami sudah melihat bulan," terang Syafri seperti dilansir Antara.



Ada puluhan masjid dan musala di Padang yang menjadi pusat peribadahan bagi jamaan tarekat Naqsabandiyah. Mayoritas masjid dan musala tersebar di Kecamatan Pauh dan Kecamatan Lubuk Kilangan.

Pakar Hisab dan Rukyat Muhammadiyah Sumatera Barat Firdaus AN menyampaikan berdasarkan hasil hisab 1 Ramadan 1440 Hijriah bertepatan dengan Senin (6/5).

Firdaus menerangkan berdasarkan hasil hisab pada 29 Rajab 1440 Hijriah posisi bulan pada saat matahari terbenam sudah mencapai lima derajat.

"Jika sudah lima derajat bulan baru sudah masuk, sedangkan berdasarkan kesepakatan ahli saat posisi dua derajat dinyatakan bulan baru sudah masuk," ujarnya.*
CNN
×
NewsKPK.com Update