HEADLINE NEWS

Hukum Mati Koruptor

Hukum Mati Koruptor
Dirgahayu Republik Indonesia

Bupati Nias Selatan Dan Para Petani Lakukan Panen Cabai Bersama

NIAS SELATAN– Bupati Nias Selatan Dr. Hilarius Duha, SH. MH., Kepala Dinas Ketahanan Pangan Ermanjaya Buulolo, SST dan beberapa Kepala OPD melakukan panen cabai bersama dengan para petani pada lokasi percontohan di Desa Hilimaera Kecamatan Amandraya, Jumat (4/5).

 Luas lahan penanaman jenis tanaman cabai (Capsicum Annum L) pada varietas Cabai Keriting Hibirida F1 Variteas Rimbun 3 tahap I ini sekitar kurang lebih 1 Ha dan dilanjutkan penanaman kedua pada akhir bulan Mei sekitar 1 Ha, kegiatan pengolahan dan  penanaman ini dimulai pada bulan januari yang lalu hingga bulan ketiga, cabai sudah bisa dipanen. Hal ini disampaikan Ketua Poktan Cabai, Faakhododo Harefa saat panen cabai bersama.

 Lebih lanjut, Faakhododo memaparkan pada pelaksanaan panen keempat ini diperkirakan hasil yang dicapai sekitar 500 Kg. Beliau menambahkan untuk pengalohan lahan cabai dilakukan secara bertahap dengan jumlah para pekerja mulai dari pengolahan sampai dengan panen sebanyak 12 orang. Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Nias Selatan selalu mendampingi dan memotivasi kami para petani cabai.

  “kami baru pertama kali menanam cabai seluas ini, dimana Bupati Nias Selatan selalu memberi himbauan dan semangat kepada kami untuk menjadi petani yang sesungguhnya”, ujar Ketua Poktan Cabai.

        Keberhasilan Petani kali ini tidak terlepas dari pendampingan yang dilakukah oleh Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Nias Selatan melalui program Bimbingan dan Pengoperasian Teknologi Pertanian / Perkebunan Tepat Guna yang diterapkan sehingga mampu mencapai hasil yang begitu memuaskan.

 Kegiatan  panen bersama ini turut didampingi Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Nias Selatan, Ir. Norododo Sarumaha.,MM, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Nias Selatan, Seksama Sarumaha., S.IP, Kepala Dinas Pendididikan Kabupaten Nias Selatan, Nurhayati Teleumbanua, S.Pd.,MM.
(timliputandiskominfokabnisel).

Lp.JK

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *