Notification

×

Iklan

Iklan

Mahasiswa Fisipol Muhammadiyah Yogyakarta Helat Pesta Demokrasi

Rabu | 11/23/2022 WIB Last Updated 2022-11-23T03:38:03Z


Bantul - Keluarga Besar Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (KBM FISIPOL) Universitas Muhammadiyah Yogyakarya (UMY) kembali menyelenggarakan pesta demokrasi pada tanggal 21 November 2022.


Kegiatan Pemilihan Calon Gubernur (CAGUB) dan Wakil Gubernur (CAWAGUB) Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) beserta Calon Anggota Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) Periode 2022-2023 diselenggarakan Oleh Komisi Pemilihan Umum Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.


Menurut Haikal Selaku Ketua Komisi Pemilihan Umum Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Kegiatan ini telah diawali dengan pendaftaran dan verifikasi cagub, cawagub, dan calon anggota DPM dari partai-partai yang telah lolos verifikasi. 


"Partai peserta yang ikut Terdapat 4 partai yang lolos verifikasi dan saling bersaing dalam Pemilihan Umum (Pemilu) kali ini yaitu Partai Amanat Mahasiswa (PAM), Partai Islam Progresif (PISIPOL), Partai Demokrasi Mahasiswa (PDM), dan Partai Insan Cita (PITA). Kegiatan dilanjutkan dengan kampanye untuk tiap-tiap partai yang dimulai dari tanggal 14-16 November 2022," Ucap Haikal (22/11/22).


Pemilihan Cagub,Cawagub, dan DPM kali ini dilakukan seperti 2 tahun sebelumnya melalui E-Voting berbasis web pemilihan umum yang dimiliki oleh fasilitas Komisi Pemilihan Umum Keluarga Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Pemilu di tingkat Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik di selengerakan oleh KPU FISIPOL dan diawasi Oleh Badan Pengawas Pemilu (BAWASLU) FISIPOL.


“Terdapat dua calon kandidat Cagub dan Wagub FISIPOL nomor urut 01 pasangan Fitria Salsabila dan Muhammad Fadel Narendra yang di usung oleh Partai Islam Progresif (PISIPOL) dan Kandidat nomor urut 02 terdapat pasangan Muhammad Luthfi Ali Azka dan Zaidan Ihsani yang diusung oleh Partai Amanat Mahasiswa," Imbuh Haikal


Selain itu Terdapat 23 calon Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) yang diusung oleh keempat partai, Partai Islam Progersif (PISIPOL) 5 Calon, Partai Amanat Mahasiswa (PAM) 11 Calon, Partai Demokrasi Mahasiswa 3 Calon, dan Partai Insan Cita (PITA) 4 Calon.


Rangkaian Pemilihan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur beserta Anggota Dewan Perwakilan Mahasiswa telah dilaksanakan tepat pada Tanggal 21 November 2022 pukul 17.00 WIB, dalam proses pemilihan Mengalami Pengunduran waktu yang dikarenakan oleh kendala teknis terhadap Web pemilihan umum.


Pemilihan Calon Gubernur, Wakil Gubernur dimenangkan Oleh Pasangan Muhammad Luthfi Ali Azka-Zaidan Ihsani dengan Perolehan Suara 1149 dan Pasangan Fitria Salsabila-Muhammad Fadel Narendra Mendapatkan Perolehan Suara 1010. 


Meski demikian belum ada pengumuman resmi dari KPU FISIPOL UMY, dikarenakan masih menunggu waktu hingga tanggal 25 November 2022. 


Pemungutan yang dilakukan Pada Senin 21 November 2022 yang dimulai pada pukul 09.00 hingga Pukul 17.00 WIB, mendapatkan total perolehan suara sah 2.159, suara tidak sah 35 dari total suara masuk 2.194. (DN)

×
NewsKPK.com Update