Notification

×

Iklan

Iklan

Gubsu Genjot Budidaya Bawang Putih di Humbang Hasundutan

Kamis | 6/04/2020 WIB Last Updated 2020-06-04T08:31:49Z

Sumut - Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi terus berupaya meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi bawang putih agar bisa memenuhi kebutuhan masyarakat Sumut.

Rabu (3/6), Gubernur Edy Rahmayadi bersama Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor, Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting memanen bawang putih varietas sangga sembalun di Desa Hutasoit II, Kecamatan Lintong Nihuta, Kabupaten Humbang Hasundutan. Mereka memanen bawang putih milik Kelompok Tani Pea Sigaol seluas 2 hektare.

"Kalau kita bandingkan dengan bawang putih impor besarnya sama, kualitasnya tidak jauh berbeda,ini harus kita kembangkan terus karena Sumut masih sangat kekurangan bawang putih," kata Gubernur yang datang bersama Ketua TP PKK Sumut.

Masi keterangan Gubsu,"Berdasarkan data BPS kebutuhan bawang putih Sumut mencapai 26.299,96 ton per tahun, sedangkan produksi hanya 975 ton per tahun. "Kita ini baru mampu memenuhi kebutuhan bawang putih kita 3,7 persen saja.

Kita harus bisa memenuhi kebutuhan bawang putih kita sendiri,lihat bawang putih harganya sempat Rp70 ribu/kg,kalau kita bisa memenuhi kebutuhan sendiri akan sangat menguntungkan.

Pemprov Sumut dan Pemkab Humbahas akan mendorong para petani agar mau menanam bawang putih,Pemprov Sumut akan menyiapkan bantuan lahan untuk dijadikan lahan tani bawang putih dan ternak kerbau.

"Kita akan dorong petani bawang putih biar bisa mengekspor,kita juga akan berikan bantuan ternak kerbau yang nantinya kotoran kerbau itu dijadikan kompos di sini, jadi tidak pakai pupuk kimia lagi,kita coba arahkan BUMD kita ke sini agar petani-petani ini tidak ke rentenir dan tengkulak,tegas Edy Rahmayadi.

Hal yang sama disampaikan oleh Dosmar Bupati Humbahas,pada penjelasanya dia mengatakan,"ada sekitar 50 hektare lebih lahan yang ditanami bawang putih di Humbahas saat ini,kali ini di Lintong Nihuta dengan lahan 2 hektare mampu menghasilkan kurang lebih 30 ton.

Kita mulai menanam bawang putih sejak akhir 2018 dan di 2019,ada peningkatan secara kualitas dan kuantitas,kemudian kita mencoba memperluas lahan tanam dan hasilnya sangat bagus.

Dosmar juga mengucapkan terima kasih pada Gubernur Sumut yang sangat peduli dengan petani di Humbahas,menurutnya ini akan memberikan dorongan semangat kepada para petani untuk menanam bawang putih.

"Kami sangat berterima kasih kepada Gubernur yang sangat memperhatikan kami,banyak bantuan yang kami terima dari Pemprov Sumut untuk mengembangkan pertanian di sini,jelas Dosmar.

Salah satu petani bawang putih Robert Sinaga mengatakan sangat berterima kasih kepada pemerintah karena peduli dengan nasib petani,"saya sangat berterima kasih pada Gubernur dan  Bupati yang sangat peduli dengan nasib petani,mudah-mudahan semua program pemerintah untuk petani berjalan bagus,jadi kami tidak kesulitan," kata Robert.

Setelah memanen bawang putih, gubernur dan rombongan menyempatkan diri untuk menanam bibit bawang merah di Desa Hutasoit II dan memberikan bantuan pangan kepada petani. Kemudian rombongan mengunjungi pembibitan kentang milik salah satu perusahaan swasta terkemuka Indonesia di Desa Paraingguran II.(R01).
×
NewsKPK.com Update