Hampir Dua Tahun Jabatan Wabup Rohul Kosong " Begini Kata Ketua DPRD Novliwanda

Hampir Dua Tahun Jabatan Wabup Rohul Kosong " Begini Kata Ketua DPRD Novliwanda

Rabu, 15 Januari 2020, 19.50
Rokan Hulu - Setelah dilantik sebagai Bupati Pengganti Antar Waktu (PAW) menggantikan Bupati sebelumnya Suparman pada 2 Februari 2018 lalu, proses pengisian jabatan Wakil Bupati (Wabup) Rohul hingga kini belum menunjukan progres segera terisi.

Sikapi kekosongan jabatan Wabup Rohul,, Ketua DPRD Rohul Novliwanda Ade Putra mengakui, hakekatnya  pengisian keksongan jabatan wabup Rohul saat ini belum berada di ranah DPRD. 

Meskipun demikian, DPRD Rohul sejak priode sebelumnya memiliki komitmen untuk mengisi jabatan tersebut. Hal itu dibuktikan dengan sudah dituangkanya aturan Pemilihan Wakil kepala daerah di DPRD Rohu.

Tetapi kendalanya, 4 Parpol pengusung masing-masing Golkar, Gerindra, Hanura dan Nasdem, hingga kini belum juga menyampaikan 2 nama kandidat mereka ke Bupati Rohul sehingga Bupati hingga kini belum juga menyurati  DPRD terkait siapa yang di pilih menjadi Wakil bupati.

“Ke empat parpol pengusung sebenarnya sama-sama memiliki kekuatan untuk mendorong pengisian Wabup Rohul. Kami berharap Parpol duduk bersama segera menyelesaikan nama-nama yang diusulkan ke DPRD agar segera melakukan pemilihan wabup. Dalam hal ini DPRD sifatnya menunggu Bupati menyurati. Saat surat masuk maka akan langsung kami tidak lanjuti," ujar Novliwanda.

Wanda mengaku, kekosongan Wabup Rohhul saat ini sudah dirasakan menganggu jalannya pemerintahan. Bupati seolah bekerja sendiri dalam menangangi persoalan daerah.

Menurut Wanda, secara aturan pengisian Wabup Rohul saat ini masih dimungkinkan dilakukan. Bahkan, 2 bulan sebelum jabatan Bupati Rohul berkahir, pengisian jabatan wabup Rohul ini masih bisa dilakukan. 

Secara aturan, walapun dua bulan sebelum habis masa jabatan, masih boleh diisi wakil bupati.Berdasaran tafsiran aturan kekosangan jabatan wabup Rohul terjadi sejak tanggal 2 februari 2018. Artinya  itu masih lebih dari 18 bulan sebelum masa jabatannya berakhir. Artinya jikapun dua bulan akan berkahir, jabatan wabup rohul masih dimungkinkan di isi" terangnya.
***(Alfian Tob)

TerPopuler